CINDY WIDYAWATI (2024) STRATEGI KOREA SELATAN DALAM MEMANFAATKAN KAMPANYE TRUST SEBAGAI NATION BRANDING PADA MASA PANDEMI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pada tahun 2020 dunia dihadapkan dengan coronavirus-2019 yang telah menyerang sistem pernafasan. Virus ini menyebabkan wabah baru yang telah melanda negara - negara bangsa, dunia kesehatan internasional maupun nasional mengalami kemunduran yang sangat besar, begitu juga yang dialami oleh Korea Selatan. Imbasnya Korea Selatan mendapatkan citra yang buruk oleh masyarakat dalam negeri maupun internasional mengenai penanganan kesehatan pada pandemi di awal tahun 2020. Korea Selatan kemudian menggunakan upaya serta strategi - strategi guna menurunkan kasus COVID-19. Strategi serta kebijakan yang telah dilakukan oleh Pemerintah semakin menstabilkan jumlah kasus yang berada di wilayahnya. Sukses menjadikan kasus COVID-19 ini menurun dan stagnan hanya dalam tiga bulan dikarenakan langkah - langkah yang substantif. Korea Selatan mendapatkan berbagai pujian dari negara lain, serta WHO. Keberhasilan ini menciptakan dorongan bagi Presiden Moon Jae-in untuk melakukan diplomasi publik dengan mengusung branding Korea Selatan yang telah mempunyai pengalaman dalam menekan kasus COVID-19. Keberhasilan Korea Selatan kemudian menjadi sebuah kampanye yang berisikan upaya dan strategi yang telah Korea Selatan lakukan selama masa pandemi, yaitu Kampanye TRUST yang merupakan singkatan dari T : Transparency, R : Responsibility, U : United Actions, S : Science and Speed, T : Together in Solidarity.
Dosen Pembimbing: | Ratih Herningtyas, Dr., S.IP., M.A. | NIDN0521017801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Coronavirus, strategy, efforts, public diplomacy, TRUST campaign |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Hubungan Internasional |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 01:10 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 01:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48162 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |