ABENG ANANDRI HUSEN (2024) ANALISIS CUSTOMER PATH 5A LINTAS GENERASI DALAM MENILAI EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMASARAN KLINIK ELON ABDULGANI. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang: Jumlah layanan kesehatan primer swasta meningkat pesat dari waktu ke waktu. Pengusaha klinik harus mampu melakukan inovasi untuk meningkatkan kinerja klinik dan melakukan pemasaran yang efektif. Pemasaran di era saat ini dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial, salah satunya Instagram. Tantangan lainnya adalah di era ini terdapat lima generasi yang hidup bersamaan dengan sikap, kesuksesan, dan perilaku yang berbeda. Generasi tersebut adalah baby boomer, generasi X, generasi Y, generasi Z, dan generasi Alpha. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas Instagram sebagai platform pemasaran klinik lintas generasi di klinik swasta. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode konsekutif sampling terhadap follower Instagram klinik (n = 377). Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan nilai persentase atribut jalur pelanggan 5A, tingkat konversi, rasio tindakan pembelian (PAR), rasio advokasi merek (BAR), serta analisis one-way ANOVA. Hasil: Nilai persentase atribut jalur pelanggan 5A menunjukkan hasil yang baik pada empat generasi termasuk skor tingkat konversi. PAR dan BAR mendapatkan hasil optimal dalam empat generasi. Terdapat perbedaan yang signifikan pada atribut 5A, PAR, & BAR (p<0,05). Kesimpulan: Instagram merupakan media sosial yang efektif untuk digunakan sebagai platform pemasaran klinik bagi setiap generasi. Studi ini berkuntribusi untuk meyakinkan pebisnis klinik untuk menggunakan Instagram sebagai media pemasaran klinik.
Dosen Pembimbing: | Merita Arini, Dr. dr., MMR | NIDN0516118702 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Clinic; Digital Marketing; Instagram; Path 5A; Social Media. |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 06:05 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 06:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |