NURDIANA RAKHMATUL FAZA (2024) CREATIVE STRATEGY OF THE PRODUCER FOR COMEDY PROGRAM JENGGLENG MANASUKA ON LOCAL TELEVISION ADITV. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
|
|
Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
|
Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
Abstract
Seiring berjalannya waktu, semakin bermunculan televisi-televisi lokal yang tidak lepas juga dengan bertambahnya persaingan di industri televisi. Hal ini menuntut seorang produser harus memiliki strategi kreatif untuk bisa menayangkan program yang memiliki daya tarik besar bagi penonton. Penelitian ini mengambil objek penelitian yaitu program komedi televisi Jenggleng Manasuka dari stasiun televisi lokal AdiTV. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif yang dilakukan oleh produser program komedi Jenggleng Manasuka dengan menggunakan 13 elemen strategi kreatif Naratama yaitu, Target Penonton, Bahasa naskah, Format Acara, Punching Line, Gimmick and Funfare, Clip Hanger, Tune and Bumper, Penataan Artistik, Music and Fashion, Ritme dan Birama Acara, Logo dan Music Track untuk ID Tune, General Rehearsal (GR), dan Interactive Program. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi dengan tiga narasumber yaitu produser, producer assistant, dan program director program komedi Jenggleng Manasuka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya 13 elemen startegi kreatif yang digunakan produser pada program komedi Jenggleng Manasuka. Berdasarkan hasil penelitian, ditarik kesimpulan yang menunjukkan bahwa produser program komedi Jenggleng Manasuka menerapkan strategi dengan menggunakan 13 elemen strategi kreatif Naratama. Output dari penelitian ini sebagai salah satu media pembelajaran serta sebagai referensi dalam bidang televisi untuk pengembangan strategi pengelolaan program televisi.
| Dosen Pembimbing: | Muhammad Muttaqien, S.I.Kom., M.Sn. | NIDN0520118701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Creative Strategy, Producer, Television, ADiTV, Jenggleng Manasuka Programme |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
| Date Deposited: | 21 Oct 2024 08:26 |
| Last Modified: | 21 Oct 2024 08:26 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
