ALFIAN FEBRI ARDIANTO (2024) CALMA BREWHOUSE REBRANDING STRATEGY IN AN EFFORT TO INCREASE THE NUMBER OF CONSUMERS IN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
![]() |
Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
Abstract
Persaingan bisnis yang semakin ketat mendorong perusahaan untuk menjadikan rebranding sebagai strategi penting dalam dunia bisnis untuk memperkenalkan produk dan mengubah visi dan misi perusahaan. Penelitian ini menganalisis proses rebranding yang dilakukan oleh Calma Brewhouse, sebuah kedai kopi dengan slogan �Calm and Sincerity of Soul� yang bertujuan untuk memberikan ketenangan melalui kopi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, serta menggunakan teori Rebranding Strategy dari Muzellec, dengan data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan model interaktif Miles B. Mathew dan A. Michael Huberman dengan tiga proses analisis data, yaitu: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data berupa triangulasi sumber, yaitu membandingkan hasil wawancara dengan dokumentasi yang ada. Hasil penelitian mengidentifikasi empat tahapan rebranding, yaitu redesign logo, penggantian nama dari Summit Coffee menjadi Calma Brewhouse, repositioning produk, dan relaunching dengan tampilan yang baru. Dari Januari hingga Desember 2023, Calma Brewhouse mencatat pendapatan bulanan antara 10.000.000-30.000.000 dan berhasil menjual lebih dari 500 cangkir kopi per bulan. Strategi rebranding ini terbukti berhasil dan memberikan dampak positif bagi bisnis mereka.
Dosen Pembimbing: | Muhammad Muttaqien, S.I.Kom., M.Sn. | NIDN0520118701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Rebranding; Strategy; Coffeeshop; Consumer |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 06:07 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 06:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |