SELF DISCLOSURE SISWA DAN GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP MASALAH BULLYING DI SMA IT IHSANUL FIKRI BOARDING SCHOOL MAGELANG

CALLISTA SALMA ATTHIYA (2024) SELF DISCLOSURE SISWA DAN GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP MASALAH BULLYING DI SMA IT IHSANUL FIKRI BOARDING SCHOOL MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (947kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang melakukan tindakan bullying terhadap tuduhan pencurian uang akibat tidak adanya keterbukaan korban dan karakteristik diri yang tidak disukai oleh teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan self disclosure di lingkungan sekolah, (2) mendeskripsikan perundungan pada siswa, (3) menguji bagaimana self disclosureantara siswa dengan guru bimbingan konseling di SMA IT Ihsanul Fikri Magelang dalam proses penyelesaian masalah perundungan. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Pengambilan informan dengan teknik purposive sampling yang memiliki sangkut paut erat terhadap objek yang diteliti. Informanpenelitian adalah guru bimbingan konseling, pelaku, dan korban bullying di SMA IT Ihsanul Fikri Magelang. Data dikumpulkan melalui transkip wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis melalui reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi. Berdasarkan penelitian ditemukan: (1) keterbukaan diri siswa berada pada kategori sedang, (2) perundungan yang dilakukan dalam kategori tinggi. (3) self disclosure berhasil dilakukan dalam proses penyelesaian masalah. Implikasi dari layanan bimbingan konseling adalah guru bimbingan konseling memberikan layanan kepada siswa terkait permasalahan bullying dan keterbukaan diri di SMA IT Ihsanul Fikri Magelang

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Self Dislosure, Bullying, Guidance Counseling
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 23 Oct 2024 06:36
Last Modified: 23 Oct 2024 06:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48330

Actions (login required)

View Item
View Item