RIESWA ANINDYA (2024) PERAN EDUKASI DALAM MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN ANAK MELALUI PENDEKATAN NONFARMAKOLOGI MENGGUNAKAN VIDEO DENTITION SONG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (783kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
Bab I.pdf
Download (265kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (340kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (278kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kecemasan dan ketakutan merupakan reaksi umum yang sering muncul dalam situasi stres, terutama pada anak-anak yang akan menjalani perawatan gigi. Rasa takut terhadap rasa sakit, cedera, serta kekhawatiran bahwa pengobatan tidak akan berhasil atau akan sama menyakitkannya seperti pengalaman sebelumnya, dapat meningkatkan tingkat kecemasan. Pengendalian kecemasan dapat dilakukan melalui terapi farmakologi dan non farmakologi. Terapi farmakologi melibatkan penggunaan obat penenang yang memengaruhi berbagai sistem organ tubuh, sementara pendekatan non farmakologi lebih mengandalkan edukasi dan intervensi psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengenali tingkat kecemasan pada anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun serta mengukur efektivitas pendekatan non farmakologi berupa edukasi melalui video "Dentition Song" sebelum mereka menjalani perawatan gigi di RSGM UMY. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Nilai rata-rata pre-test adalah adalah 3,08 dan nilai rata-rata dari post-test adalah 1,77. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan non farmakologi dengan menggunakan video edukatif "Dentition Song" efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan pada anak-anak yang akan menjalani perawatan gigi. Edukasi melalui media video dapat menjadi metode yang efektif dalam mengurangi kecemasan anak, sehingga dapat mendukung keberhasilan perawatan gigi secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anxiety, Non-pharmacological, Dentition Song, Modeling, Children |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:09 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48337 |