THE EFFECTIVENESS OF USING A FINGER METHOD IN TEACHING ENGLISH GRAMMAR

FITRIA DWI HUTAMI (2024) THE EFFECTIVENESS OF USING A FINGER METHOD IN TEACHING ENGLISH GRAMMAR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Metode jari merupakan salah satu teknik mengajar yang dapat digunakan guru untuk mengajarkan grammar dan tenses bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan grammar bahasa Inggris siswa sebelum dan sesudah penerapan metode jari. Penelitian dilakukan di Kampung Bahasa Borobudur dengan jumlah sampel 10 siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan prosedur pre-test, treatment, dan post-test. Pengolahan data penelitian ini dilakukan dengan SPSS. Pada penelitian ini digunakan uji Wilcoxon signed-rank untuk mengetahui apakah penggunaan teknik jari dalam mengajarkan grammar bahasa Inggris secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan grammar siswa di kelas grammar intensif. Hasil pengolahan data penelitian ini memvalidasi hipotesis mengenai efektivitas jari dalam mengajarkan grammar. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata siswa untuk pre-test sebesar 66,00 termasuk dalam kategori intermediate, yaitu berada pada tingkat kemampuan atau pengetahuan antara beginner dan advance, sedangkan untuk post-test sebesar 75,00 termasuk dalam kategori advance, yaitu berada pada tingkat keterampilan dan pemahaman yang tinggi dalam berbagai aspek menulis. Hasil uji Wilcoxon signed-rank menunjukkan nilai Asymp. Sig. 2-tailed kurang dari 0,05 (p < 0,05). Nilai Asymp. Sig. 2-tailed adalah 0,035 (p = 0,035). Dengan kata lain, hipotesis diterima; terdapat perbedaan yang signifikan dalam penguasaan tata bahasa siswa, terutama dalam present tense sebelum dan sesudah penerapan metode finger dan perbedaan sebelum dan sesudah penerapan metode finger.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, finger method, teaching, grammar, EFL
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 26 Oct 2024 06:33
Last Modified: 26 Oct 2024 06:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48478

Actions (login required)

View Item
View Item