FITRIA DWI HUTAMI (2024) THE EFFECTIVENESS OF USING A FINGER METHOD IN TEACHING ENGLISH GRAMMAR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (342kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Bab I.pdf
Download (155kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (318kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Metode jari merupakan salah satu teknik mengajar yang dapat digunakan guru untuk mengajarkan grammar dan tenses bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan grammar bahasa Inggris siswa sebelum dan sesudah penerapan metode jari. Penelitian dilakukan di Kampung Bahasa Borobudur dengan jumlah sampel 10 siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan prosedur pre-test, treatment, dan post-test. Pengolahan data penelitian ini dilakukan dengan SPSS. Pada penelitian ini digunakan uji Wilcoxon signed-rank untuk mengetahui apakah penggunaan teknik jari dalam mengajarkan grammar bahasa Inggris secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan grammar siswa di kelas grammar intensif. Hasil pengolahan data penelitian ini memvalidasi hipotesis mengenai efektivitas jari dalam mengajarkan grammar. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata siswa untuk pre-test sebesar 66,00 termasuk dalam kategori intermediate, yaitu berada pada tingkat kemampuan atau pengetahuan antara beginner dan advance, sedangkan untuk post-test sebesar 75,00 termasuk dalam kategori advance, yaitu berada pada tingkat keterampilan dan pemahaman yang tinggi dalam berbagai aspek menulis. Hasil uji Wilcoxon signed-rank menunjukkan nilai Asymp. Sig. 2-tailed kurang dari 0,05 (p < 0,05). Nilai Asymp. Sig. 2-tailed adalah 0,035 (p = 0,035). Dengan kata lain, hipotesis diterima; terdapat perbedaan yang signifikan dalam penguasaan tata bahasa siswa, terutama dalam present tense sebelum dan sesudah penerapan metode finger dan perbedaan sebelum dan sesudah penerapan metode finger.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, finger method, teaching, grammar, EFL |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Oct 2024 06:33 |
Last Modified: | 26 Oct 2024 06:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48478 |