GUSTIAWAN (2024) STUDENTS' PERCEPTION OF THE USE OF WRITTEN PEER FEEDBACK IN IMPROVING WRITING AT A PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (521kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (123kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Written peer feedback yang umumnya diterapkan di tingkat perguruan tinggi karena kemampuan mahasiswa dalam memberikan umpan balik yang konstruktif dan menyadari manfaatnya, juga memiliki kelemahan yang dapat menurunkan kualitas tulisan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat dari penggunaan written peer feedback dan kelemahan dari penggunaan written peer feedback terhadap tulisan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini melibatkan enam orang mahasiswa sebagai partisipan. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan wawancara terbuka yang terstandarisasi. Temuan pertama menunjukkan manfaat dari penggunaan written peer feedback terhadap tulisan mahasiswa, yaitu: memberikan pengetahuan yang mendalam, mendorong pemikiran kritis, meningkatkan motivasi, meningkatkan kesadaran diri dalam menulis, dan perspektif yang beragam. Temuan kedua menunjukkan bahwa written peer feedback memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut antara lain penggunaan bahasa yang kasar, keterbatasan pengetahuan teman sebaya dalam memberikan umpan balik, keterbatasan kemampuan teman sebaya dalam memberikan solusi dan saran, dan dinamika sosial.
| Dosen Pembimbing: | Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Peer feedback, written peer feedback, benefits of written peer feedback, weaknesses of written peer feedback |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 28 Oct 2024 03:26 |
| Last Modified: | 28 Oct 2024 03:26 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
