BARRA ADAM FIRDAUS (2024) AN INVESTIGATION ON PRE-SERVICE ENGLISH TEACHERS' DIGITAL LITERACY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (735kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (347kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Bab I.pdf
Download (88kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (240kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Literasi digital telah menjadi hal yang penting dalam lanskap pendidikan yang berkembang pesat, terutama bagi calon guru bahasa Inggris yang harus menghadapi berbagai tuntutan teknologi. Di Yogyakarta, Indonesia, di mana berbagai faktor sosial-ekonomi dan budaya memengaruhi pendidikan, kebutuhan akan kompetensi digital menjadi lebih penting lagi. Studi ini menyelidiki tingkat literasi digital calon guru bahasa Inggris di Yogyakarta dan komponen dominan literasi digital bagi mahasiswa di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Sampel studi terdiri dari 105 mahasiswa, yang dipilih melalui pengambilan sampel berdasarkan pengalaman luas mereka dengan teknologi. Peneliti melakukan survei menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi tingkat literasi digital di kalangan mahasiswa di sebuah universitas swasta. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur yang berfokus pada komponen literasi digital dan dianalisis secara statistik untuk memberikan wawasan tentang tingkat literasi digital mahasiswa. Hasil studi ini menunjukkan bahwa mahasiswa di sebuah universitas swasta memiliki tingkat literasi digital yang sangat tinggi, dengan skor rata-rata 3,414 dari 4, yang mencerminkan kemampuan mereka untuk memanfaatkan teknologi digital secara efektif dalam berbagai aspek kehidupan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa calon guru bahasa Inggris memiliki pemahaman yang baik tentang konsep Privasi & Keamanan serta Sikap Seimbang terhadap Teknologi, terutama dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di lingkungan digital.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital literacy, Pre-service English teachers, Pre-service English teachers on digital literacy, Technological literacy |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 07:11 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 07:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48505 |