AN INVESTIGATION ON PRE-SERVICE ENGLISH TEACHERS' DIGITAL LITERACY

BARRA ADAM FIRDAUS (2024) AN INVESTIGATION ON PRE-SERVICE ENGLISH TEACHERS' DIGITAL LITERACY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Literasi digital telah menjadi hal yang penting dalam lanskap pendidikan yang berkembang pesat, terutama bagi calon guru bahasa Inggris yang harus menghadapi berbagai tuntutan teknologi. Di Yogyakarta, Indonesia, di mana berbagai faktor sosial-ekonomi dan budaya memengaruhi pendidikan, kebutuhan akan kompetensi digital menjadi lebih penting lagi. Studi ini menyelidiki tingkat literasi digital calon guru bahasa Inggris di Yogyakarta dan komponen dominan literasi digital bagi mahasiswa di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Sampel studi terdiri dari 105 mahasiswa, yang dipilih melalui pengambilan sampel berdasarkan pengalaman luas mereka dengan teknologi. Peneliti melakukan survei menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi tingkat literasi digital di kalangan mahasiswa di sebuah universitas swasta. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur yang berfokus pada komponen literasi digital dan dianalisis secara statistik untuk memberikan wawasan tentang tingkat literasi digital mahasiswa. Hasil studi ini menunjukkan bahwa mahasiswa di sebuah universitas swasta memiliki tingkat literasi digital yang sangat tinggi, dengan skor rata-rata 3,414 dari 4, yang mencerminkan kemampuan mereka untuk memanfaatkan teknologi digital secara efektif dalam berbagai aspek kehidupan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa calon guru bahasa Inggris memiliki pemahaman yang baik tentang konsep Privasi & Keamanan serta Sikap Seimbang terhadap Teknologi, terutama dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di lingkungan digital.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Digital literacy, Pre-service English teachers, Pre-service English teachers on digital literacy, Technological literacy
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 28 Oct 2024 07:11
Last Modified: 28 Oct 2024 07:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48505

Actions (login required)

View Item
View Item