ANGGUN LUTVIA TIARANI (2024) NETFLIX AS A MEDIUM TO PROMOTE EFL STUDENT'S INDEPENDENT LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (833kB) |
Abstract
Netflix merupakan salah satu media hiburan, namun dalam lingkungan pembelajaran bahasa asing siswa dapat menggunakannya sebagai media pembelajaran. Netflix dapat membantu siswa untuk memanfaatkannya dengan menggunakan beberapa strategi seperti manfaat subtitle, juga mendukung pembelajaran mandiri siswa dengan beberapa fasilitas yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh siswa EFL yang terlibat dalam pembelajaran bahasa Inggris mandiri melalui Netflix dan untuk memahami bagaimana Netflix mendukung siswa EFL dalam pembelajaran bahasa Inggris mandiri. Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilakukan di salah satu universitas di Yogyakarta, melibatkan empat mahasiswa dari jurusan pendidikan bahasa Inggris. Peneliti melakukan wawancara untuk mengumpulkan data dan menggunakan open, analytics, axial, dan selective coding untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa Netflix mampu mendukung siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris mandiri melalui beberapa faktor: paparan bahasa otentik, perolehan dan peningkatan kosakata, bantuan pembelajaran multimodal, fleksibilitas dan peningkatan otonomi pelajar, pengembangan keterampilan mendengarkan, dan pembelajaran budaya. Ditemukan pula berbagai strategi pembelajaran yang disediakan Netflix untuk memfasilitasi siswa dalam belajar mandiri, seperti melatih pengucapan melalui isyarat audio-visual dan memilih film yang tepat sebagai media pembelajaran.
Dosen Pembimbing: | Eko Purwanti, S.Pd., M.Hum., Ph.D. | NIDN0517037002 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Independent learning, Strategies, EFL, Netflix, Vocabulary |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 03:32 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 03:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |