RISWANDA ROCHMAWAN (2024) THE IMPLEMENTATION OF DISCOVERY LEARNING MODEL IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran, guru berperan penting dalam perkembangan siswa, karenaPerilaku dan interaksi secara signifikan mempengaruhi kualitas pengajaran. JadiKetika pendidik secara aktif mendukung pembelajaran dan perkembangan siswa, perubahan positifterjadi, yang mengarah pada keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi. Implementasi dan keunggulan model Discovery Learning dalam bahasa Inggrispembelajaran untuk siswa SD. Untuk mencapai temuan yang lebih jelas dan lebih spesifik, deskriptifMetode kualitatif digunakan. Ada dua guru bahasa Inggris dari sekolah dasar negerisekolah di Yogyakarta terpilih sebagai peserta penelitian, keduanya memiliki pengalaman dimenerapkan pembelajaran penemuan dalam pengajaran bahasa Inggris mereka. Selain itu, wawancaradigunakan sebagai teknik pengumpulan data utama. Dalam penelitian ini peneliti mengidentifikasiempat temuan terkait penerapan model Discovery Learning oleh guru diPengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Temuan tersebut meliputi tahapan danproses yang dilakukan oleh kedua peserta saat menggunakan metode Discovery Learning, yaituadalah langkah stimulasi dari Implementasi Discovery Learning, langkah pernyataan masalah dariImplementasi Discovery Learning, langkah pengumpulan data dari Implementasi DiscoveryPembelajaran, langkah pengolahan data Implementasi Discovery Learning, langkah verifikasiImplementasi Penemuan Pembelajaran, dan langkah generalisasi dari ImplementasiPembelajaran Penemuan. Untuk pertanyaan penelitian kedua, peneliti menemukan tiga yang dirasakankeunggulan model Discovery Learning dalam pengajaran dan pembelajaran bagi guru disekolah dasar: pertama, bahwa pembelajaran penemuan dapat meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa; keduabahwa itu meningkatkan motivasi siswa; dan ketiga, meningkatkan keterampilan kognitif siswa. Inipenelitian mampu memberikan informasi kepada guru tentang bagaimana menerapkan Discovery Learningdan cari tahu manfaat menggunakannya.
Dosen Pembimbing: | Arifah Mardiningrum, S.Pd., M.A. | NIDN0514048003 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, English Learning, English for Elementary Students,Implementation of Discovery Learning, Advantages of Discovery Learning |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 06:37 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 06:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48558 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |