YUSUF HASIM (2024) ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI MASKULINITAS LAKI-LAKI MUSLIM PADA IKLAN AUDIO VISUAL SKINCARE KAHF VERSI #PERJALANANBERKAHF. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (930kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (840kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Bab I.pdf
Download (737kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (798kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi model pemasaran, termasuk pemasaran digital yang semakin kuat mempengaruhi kehidupan manusia. Salah satu media digital yang memiliki pengaruh besar adalah Youtube yang menjadi platfrom efektif bagi penyebaran informasi melalui konten visual menarik. Di antara berbagai jenis iklan yang tayang di Youtube, muncul inovasi produk perawatan wajah pria yang memadukan konsep maskulinitas dengan nilai-nilai religius Islam. Kahf, Produk perawatan kulit khusus pria yang pertama kali diperkenalkan oleh PT Paragon Technology and Innovation, mengusung konsep halal dan memanfaatkan kampanye #perjalananBerKahf yang berfokus pada nilai kebaikan dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi maskulinitas Muslim dalam iklan Kahf melalui pendekatan semiotika. Kajian ini menunjukkan bahwa iklan Khaf tidak hanya mempromosikan produk, tetapi juga membangun citra maskulinitas pria Muslim yang menampilan fisik yang sopan dan sesuai syariat, serta karakter yang mencerminkan ketaatan, kepedulian, dan tanggung jawab sosial. Tetapi tidak hanya menjalankan kewajiban agama, tetapi juga menunjukkan sikap empati yang tinggi terhadap orang lain. Sehingga Iklan ini secara jelas berupaya menantang pandangan tradisional tentang maskulinitas dengan menampilkan perawatan diri sebagai aspek penting dalam identitas laki-laki Muslim modern.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kahf, Muslim Masculinity, Male Representation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 03:52 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 03:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48576 |