ROFIF WIDAD YUSDHYNANDA (2024) ANALISIS KINERJA PERANGKAT DESA DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DI DESA KARANGREJO KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (839kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kinerja perangkat desa dalam peningkatan kualitas pelayanan administrasi di Desa Karangrejo.; (2) Memaparkan hasil analisis kinerja perangkat desa dalam peningkatan kualitas pelayanan administrasi di desa Karangrejo.; (3) Mengidentifikasi hambatan yang mempengaruhi kinerja perangkat desa dalam pelayanan administrasi di Desa Karangrejo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif yang berfokus terhadap peranan pemerintah desa dalam kinerja perangkat desa terhadap peningkatan kualitas pelayanan administrasi kepada masyarakat di Kantor Kepala Desa Karangrejo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pemerintah dan masyarakat desa. Teori kinerja dari Agus Dwiyanto (2017:50-51) dalam buku Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia digunakan untuk menganalisis kinerja perangkat Desa dalam peningkatan kualitas pelayanan administrasi di Desa Karangrejo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo.Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas perangkat pemerintah Desa Karangrejo belum cukup baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, hal ini terlihat pada belum tercapainya secara optimal. Kualitas layanan dari perangkat pemerintah Desa Karangrejo dalam memberikan pelayanan, dilihat dari aspek kesedehanaan, kecakapan dan kehandalan petugas, dan ekonomis sudah cukup baik, akan tetapi adanya kekurangan jika dilihat dari aspek kejelasan dan kepastian pelayananserta sarana prasarana yang belum lengkap. Responsivitas, pelayanan yang perangkatdesa berikan dirasakan sudah cukup baik karena pelayanan KK, KTP, dan dokumen lainnya yang diberikan sesuai dengan aspirasi masyarakat sehingga cepat ditanggapi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat, walaupun aspirasi yang ditampung kurang cepat ditanggapi. Responsibilitas pelayanan yang diberikan perangkat Desa Karangrejo sudah sesuai dengan prinsip administrasi yang benar tanpa melihat hubungan kekerabatan, hubungan informal, dan pandangan dari segi finansial. Akuntabilitas, kebijakan pemerintah desa dalam penerapan standar pelayanan dibidang administrasi kependudukan masih belum cukup baik, hal ini dilihat dari aturan dan norma serta etika pelayanan yang berkembang dalam masyarakat.Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapat maka merekomendasikan upaya-upaya peningkatan yang dapat dilakukan yaitu mengadakan evaluasi tiap bulan yang dihadiri oleh seluruh pemerintah desa, melakukan musyawarah baik pada musyawarah dusun ataumusyawarah pembangunan desa, melengkapi sarana dan prasarana, memasifkan informasi melalui berbagai pendekatan dengan masyarakat, pembuatan papan informasi disetiap dusun, mengadakan pelatihan dan pembinaan untuk meningkatkan kesadaran pemerintah desa terhadap peraturan-peraturan yang ada, serta adanya sosial media supaya minat baca generasi muda meningkat pada segala informasi di pemerintah Desa Karangrejo.
Dosen Pembimbing: | Erni Zuhriyati, S.IP., S.S., M.A. | NIDN0515037601 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | performance, village officials, service quality, administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 07:13 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 07:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |