HANDARU MAYA YASEEN (2024) IMPLEMENTATION OF INCLUSIVE SCHOOL IN YOGYAKARTA CITY IN REALIZING SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (736kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji implementasi pendidikan inklusi di Kota Yogyakarta, Indonesia, dengan fokus pada bagaimana pendidikan inklusi berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) dan SDG 10 (Pengurangan Ketimpangan). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan data yang dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi langsung, dan analisis dokumen resmi. Pemangku kepentingan utama yang terlibat meliputi badan pemerintah, sekolah, guru, dan orang tua, yang memainkan peran penting dalam mendukung integrasi siswa berkebutuhan khusus ke dalam sekolah umum.Studi ini mengevaluasi implementasi ini dengan menggunakan Teori Evaluasi Kebijakan William Dunn, yang menilai efektivitas, efisiensi, kecukupan, kesetaraan, dan daya tanggap kebijakan. Hasilnya menunjukkan adanya kemajuan dalam pendidikan inklusif, yang dibuktikan dengan meningkatnya alokasi anggaran dan upaya kebijakan; namun, tantangan yang masih ada seperti infrastruktur yang kurang memadai, kurangnya guru pendidikan khusus (GPK), dan stigma masyarakat masih menjadi hambatan yang signifikan. Berdasarkan temuan-temuan ini, rekomendasi untuk meningkatkan implementasi kebijakan termasuk meningkatkan rekrutmen GPK, memperbaiki infrastruktur sekolah, dan melakukan kampanye kesadaran publik untuk mendukung inklusivitas.
Dosen Pembimbing: | Suranto, Dr., M.Pol. | NIDN0512056501 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Inclusive Education, Sustainable Development Goals (SDGs), special education teachers (GPK), Disability, Policy Evaluation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 06:54 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 06:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |