YASHIFA ZENOBIA PUTRI (2024) PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINYAK GORENG KEMASAN BERMEREK DAN TANPA MEREK DI PASAR GIWANGAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (453kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Bab I.pdf
Download (54kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (526kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (633kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Minyak goreng yang dimaksud adalah jenis minyak goreng yang berasal dari lemak tumbuhan atau lemak hewan yang dimurnikan dan berbentuk cair pada suhu kamar biasanya digunakan untuk menggoreng dan menumis bahan makanan. Minyak goreng kemasan bermerek adalah minyak goreng yang memiliki merek dagang diukur dalam satuan volume (liter). Minyak goreng kemasan tanpa merek adalah minyak goreng yang dijual ke pasar tanpa merek dan label kemasan diukur menggunakan satuan massa yaitu kilogram. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan merek minyak goreng yang dijual di Pasar Giwangan, mendeskripsikan karakteristik konsumen minyak goreng kemasan bermerek dan tanpa merek, menganalisis preferensi konsumen terhadap minyak goreng kemasan bermerek dan tanpa merek dan menganalisis atribut minyak goreng kemasan bermerek dan tanpa merek yang paling disukai dalam preferensi konsumen di Pasar Giwangan. Lokasi penelitian ini dilakukan di Pasar Giwangan dengan 100 responden yang diambil secara Accidental Sampling dengan kriteria konsumen yang telah membeli minyak goreng kemasan bermerek dan tanpa merek di Pasar Giwangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuantitatif. Terdapat minyak goreng kemasan tanpa merek ukuran 500ml, 600ml, satu liter, dan satu setengah liter sedangkan minyak goreng kemasan merek Sunco, Fitri, Minyakita, Resto, Fraiswell, Hemart, dan Rizky. Karakteristik konsumen yang diteliti berupa jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, jumlah anggota keluarga, tempat tinggal, dan status perkawinan. Hasil penelitian menunjukkan konsumen lebih menyukai minyak goreng kemasan bermerek dibandingkan dengan minyak goreng kemasan tanpa merek. Sedangkan atribut yang paling disukai dalam preferensi konsumen terhadap minyak goreng kemasan kemasan adalah atribut tingkat keamanan dan atribut yang paling disukai pada minyak goreng kemasan tanpa merek adalah harga, kemudahan mendapat, dan tingkat keamanan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Consumer Preference, Branded Packaged Cooking Oil, Unbranded Packaged Cooking Oil |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 05:54 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 05:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48694 |