PRAWITA MEGATAMA (2024) PENGARUH ENVIRONMENTAL QUALITY AWARENESS, GREEN TRUST, GREEN SELF-EFFICACY TERHADAP ENVIRONMENTAL ATTITUDE DAN GREEN PURCHASE BEHAVIOR. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (978kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Banyak individu yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, namun kesenjangan antara kesadaran lingkungan dan perilaku pembelian ramah lingkungan masih terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran kualitas lingkungan (environmental quality awareness), kepercayaan hijau (green trust), dan efikasi diri hijau (green self-efficacy) terhadap sikap lingkungan (environmental attitude) dan perilaku pembelian hijau (green purchase behavior), serta menguji peran sikap lingkungan (environmental attitude) sebagai mediator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode survei dengan pembagian kuesioner secara online. Kuesioner dibuat menggunakan google form dan dibagikan melalui Instagram dan Whatsapp. Sampel yang digunakan sebanyak 200 responden yang pernah membeli lampu LED Philips di tahun 2024. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis yaitu AMOS. Green trust dan green self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap environmental attitude. Environmental quality awareness dan green self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase behavior. Environmental attitude belum mampu memediasi pengaruh antar variabel dalam penelitian ini.
Dosen Pembimbing: | Retno Widowati Purnama Asri, S.E., M.Si., Ph.D, S.E., M.Si., Ph. and Siti Dyah Handayani, Dr., S.E., M.M. | NIDN0007046303, NIDN0531056801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | environmental quality awareness, green trust, green self-efficacy, environmental attitude, green purchase behavior |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 01:23 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 01:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |