TRENDS UGC AND ENGAGEMENT: BIBLIOMETRIC ANALYSIS

HAFID LINTAS DANA (2024) TRENDS UGC AND ENGAGEMENT: BIBLIOMETRIC ANALYSIS. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dan tren penelitian mengenaiuser generated content dan engagement tahun 2019-2023. Penelitian inimenggunakan pendekatan bibliometrik untuk memetakan perkembangan usergenerated content dan engagement selama 2019-2023. Studi ini menggunakan datasekunder dari database Scopus yang menghasilkan 254 dokumen publikasi. Analisisdilakukan dengan perangkat lunak VOSviewer untuk memetakan tren penelitian,penulis utama, negara kontributor, dan kata kunci utama yang sering muncul. Hasilpenelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlahpublikasi terkait user generated content dan engagement pada tahun 2019-2023.Amerika Serikat merupakan kontributor pertama dengan jumlah publikasi yangterbesar. Selanjutnya, terdapat 41 kata kunci menggambarkan keterkaitan antarakata kunci dan kluster yang dihasilkan menggunakan perangkat lunak VOSviewer.Kata kunci tertinggi meliputi "social media," "user-generated content," "socialnetworking (online)," "user-generated," dan "marketing." Kesimpulan menunjukanbahwa penelitian mengenai pemasaran digital akan selalu meningkat disetiapwaktu. Akademisi dan praktisi perusahaan harus beradaptasi dan meningkatkanperhatian pada bidang pemasaran digital. Studi ini memberikan wawasan untukakademisi dan praktisi perusahaan tentang pola penelitian dan rekomendasi untukbidang studi prospektif di masa depan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: User-Generated Content, Engagement, Social Media, Bibliometrics, Digital Marketing
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2
Depositing User: Bima
Date Deposited: 26 Dec 2024 08:46
Last Modified: 26 Dec 2024 08:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48915

Actions (login required)

View Item
View Item