Nur Syaifudin (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN SELF-DIRECTED LEARNING DENGAN PERFORMA TUTORIAL SEVEN JUMP PADA MAHASISWA PSIK FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (477kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang: Self-Directed Learning (SDL) merupakan proses belajar yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian terhadap pengalaman belajar yang telah dijalani oleh semua mahsiswa. Salah satunya berupa tutorial seven jump yang terdapat dalam kelompok kecil yakni inti dari PBL. Dalam menjalankan tutorial, mahasiswa dibentuk dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan kasus yang diberikan oleh dosen.
Tujuan penelitian: Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan self-directed learning dengan performa tutorial seven jump pada mahasiswa PSIK FKIK UMY.
Metode: Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah non eksprimental dengan desain penelitian observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas muhammadiyah Yogyakarta fakultas kedokteran ilmu kesehatan program studi ilmu keperawatan tahun angkatan 2016, 2018, dan 2019 sejumlah 433 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 175 mahasiswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji non-parametrik menggunakan analisis korelasi spearman rho.
Hasil: Diperoleh nilai signifikan (sig. 2-tailed) sebesar 0.000 (p<0.001) artinya terdapat hubungan yang bermakna antara kemampuan self-directed learning dengan performa tutorial seven jump.
Kesimpulan: Ada hubungan antara kemampuan self-directed learning dengan performa tutorial seven jump pada mahasiswa PSIK FKIK UMY.
Dosen Pembimbing: | LISA MUSHARYANTI | NIDN0525118001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 01:23 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 03:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/498 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |