ABDAN MASKURI (2025) MANAJEMEN STRATEGIS KUALITAS RELASI INTERNAL LAZISMU UMY DALAM MENGELOLA ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (875kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini muncul dari pentingnya manajemen strategis kualitas relasi internal dalam mendukung keberhasilan pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah. Lazismu UMY sebagai salah satu lembaga filantropi yang memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga pengelolaan ZIS dengan transparan. Kualitas relasi internal menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi efektivitas pengelolaan ZIS. Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen strategis dan kualitas relasi internal Lazismu UMY dalam mengelola zakat, infaq, dan sedekah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mengacu teori Fred R. David dan Allen & Meyer melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa evaluasi strategi terdapat indikator pengukuran kinerja yang belum optimal dalam evaluasi kinerja pengurus. Kualitas relasi internal menunjukan komitmen yang tinggi, meskipun terdapat keterbatasan pengalaman relawan dalam pelaksanaan program. Temuan menunjukan bahwa penelitian ini menawarkan wawasan praktis bagi pengelolaan organisasi nonprofit khususnya dalam meningkatkan strategi manajemen dan kualitas relasi internal untuk keberlanjutan program.
Dosen Pembimbing: | Kholifatul Fauziah, S.Sos.I., M.A. | NIDN0522108701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Strategic management, Internal relationship quality, Obligatory almsgiving, Voluntary charity, Alms |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 06:23 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 06:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/49952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |