Vina Marliana Saputri (2021) ANALISIS PENERAPAN KETERAMPILAN SISWA ABAD 21 PADA PROGRAM MUBALIGH HIJRAH DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (396kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (183kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan (1) mendeskripsikan program mubaligh hijrah (MH) sebagai program unggulan di Madrasah Mu’alimat Muhammadiyah Yogyakarta yang telah mengakomodasi keterampilan 4C.(2) mengetahui hasil pengalaman belajar keterampilan 4C pada siswa dalam program Mubaligh Hijrah di Madrasah Mu’alimat Muhammadiyah Yogyakarta.(3) menganalisis tingkat keberhasilan program Mubaligh Hijrah dalam membekalkan 4C pada siswa di Madrasah Mu’alimat Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Program Mubaligh Hijrah (MH) sebagai program unggulan di Madrasah Mu’alimaat Muhammadiyah Yogyakarta telah mengakomodasi keterampilan 4C dengan 4 cara yaitu adanya : kesadaran dari pihak penyusun program, upaya membangun keterampilan, upaya pengoptimalan keterampilan, dan upaya pemberian alternative solusi pada hambatan pengimplementasian keterampilan. (2) Program bermanfaat untuk meningkakan keterampilan komunikasi seperti berbicara didepan umum dan meningkatkan kemampuan penggunaan bahasa sesuai dengan lawan bicaranya. Keterampilan kolaborasi mampu meningkatkan pengalaman dan kemampuan kerjasama yang baik bagi siswa dalam berorganisasi atau bermasyarakat. Berfikir kritis melatih siswa untuk melakukan banyak pertimbangan dalam menghadapi suatu masalah, mampu membuat perencanaan sebelum membuat keputusan. Kreativitas pada siswa meningkat dengan upaya yang terencana sehingga terjadi dorongan menuju peningkatan, pembaharuan dan penemuan. (3)Tingkat keberhasilan program membekalkan keterampilan 4C pada siswa Madrasah Mu’alimaat Muhammadiyah Yogyakarta secara keseluruhan cukup berhasil.
Kata Kunci : Keterampilan Siswa Abad 21, Program Mubaligh Hijrah
| Dosen Pembimbing: | Arif Budi Raharja, Dr., M.Si., and Muh. Samsudin, Dr., S.Ag., M.Pd. | NIDN0507086701, NIDN0504057002 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 16 Dec 2021 03:49 |
| Last Modified: | 16 Dec 2021 03:49 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5024 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
