Dinullah Indaka Difa (2021) EVALUASI SUMATIF PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA MASA PANDEMI COVID19 DI SD IT INSAN UTAMA DAN SD NEGERI NGEBEL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (474kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (218kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
<p>Penelitian ini bertujuan yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana sistem evaluasi sumatif pembelajaran daring. 2) Untuk mengetahui bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam mempengaruhi efektivitas dan efisiensi evaluasi sumatif. Penelitian jenis ini merupakan penelitian kualitatif komparatif dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Metode pengumpulan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Evaluasi sumatif pembelajaran daring di SD IT Insan Utama yaitu menggunakan <em>google form</em> untuk evaluasi tertulis, evaluasi praktik dilakukan dengan pengiriman video maupun <em>voice note</em>/rekaman melalui aplikasi whatsapps. Adapun evaluasi sumatif pembelajaran di SD Negeri Ngebel yaitu menggunakan aplikasi <em>whatsapps</em> dan buku paket LKS bentuk evaluasi tertulis, sedangkan evaluasi praktik dilakukan dengan pengiriman foto dan video ke media <em>whatsapp</em>. 2) Faktor pendukung evaluasi pembelajaran daring yaitu orangtua, tenaga pengajar, jaringan internet, dan alat komunikasi yang memadai. Faktor kendala yaitu tidak semua peserta didik memiliki <em>handphone</em> dan kouta internet serta orang tua peserta didik tidak memiliki waktu ruang dalam kegiatan belajar mengajar dirumah.</p>
| Dosen Pembimbing: | Nurul Aisyah, S.Pd.I., M.Pd. and Arif Budi Raharja, Dr., M.Si., | NIDN0502089101, NIDN0507086701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Dec 2021 07:04 |
| Last Modified: | 14 Dec 2021 07:05 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5045 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
