ABIDATUL SINTIANA (2025) HARDINESS PENDIDIK DI DAERAH TERTINGGAL: STUDI FENOMENOLOGI PADA GURU HONORER DI DESA NAMPAR SEPANG, MANGGARAI TIMUR NTT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Guru honorer di daerah tertinggal menghadapi berbagai tantangan yang signifikan, seperti keterbatasan fasilitas pendidikan, rendahnya tingkat kesejahteraan, dan minimnya dukungan pemerintah. Kondisi ini berpotensi menimbulkan tekanan psikologis yang mempengaruhi kualitas pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana hardiness atau ketangguhan yang diterapkan oleh guru honorer sebagai strategi adaptif dalam mengatasi tantangan tersebut, dengan studi fenomenologi di Desa Nampar Sepang, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan beberapa teknik yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru honorer di Desa Nampar Sepang memiliki hardiness yang kuat, yang terwujud dalam tiga aspek utama. Commitment (Komitmen): Para guru menunjukkan dedikasi tinggi untuk mendidik meskipun dihadapkan pada keterbatasan yang ekstrem. Control (Kontrol): Mereka memandang tantangan sebagai aspek yang dapat dikelola melalui pengendalian diri, pengembangan strategi, dan kolaborasi dengan masyarakat lokal. Challenge (Tantangan): Guru-guru ini melihat kesulitan bukan sebagai hambatan, melainkan sebagai peluang untuk belajar, meningkatkan kreativitas, dan mengembangkan pendekatan inovatif dalam proses pembelajaran.
Dosen Pembimbing: | Anita A'isah, S.Psi., M.Psi | NIDN0505078702 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Hardiness, Non-Permanent Teachers, Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 07 May 2025 02:34 |
Last Modified: | 07 May 2025 02:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/50584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |