ABIDATUL SINTIANA (2025) HARDINESS PENDIDIK DI DAERAH TERTINGGAL: STUDI FENOMENOLOGI PADA GURU HONORER DI DESA NAMPAR SEPANG, MANGGARAI TIMUR NTT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Guru honorer di daerah tertinggal menghadapi berbagai tantangan yang signifikan, seperti keterbatasan fasilitas pendidikan, rendahnya tingkat kesejahteraan, dan minimnya dukungan pemerintah. Kondisi ini berpotensi menimbulkan tekanan psikologis yang mempengaruhi kualitas pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana hardiness atau ketangguhan yang diterapkan oleh guru honorer sebagai strategi adaptif dalam mengatasi tantangan tersebut, dengan studi fenomenologi di Desa Nampar Sepang, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan beberapa teknik yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru honorer di Desa Nampar Sepang memiliki hardiness yang kuat, yang terwujud dalam tiga aspek utama. Commitment (Komitmen): Para guru menunjukkan dedikasi tinggi untuk mendidik meskipun dihadapkan pada keterbatasan yang ekstrem. Control (Kontrol): Mereka memandang tantangan sebagai aspek yang dapat dikelola melalui pengendalian diri, pengembangan strategi, dan kolaborasi dengan masyarakat lokal. Challenge (Tantangan): Guru-guru ini melihat kesulitan bukan sebagai hambatan, melainkan sebagai peluang untuk belajar, meningkatkan kreativitas, dan mengembangkan pendekatan inovatif dalam proses pembelajaran.

Dosen Pembimbing: Anita A'isah, S.Psi., M.Psi | NIDN0505078702
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hardiness, Non-Permanent Teachers, Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 May 2025 02:34
Last Modified: 07 May 2025 02:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/50584

Actions (login required)

View Item View Item