DEANI SASTRAWIRANA SUTOPO (2025) PENGGUNAAN INSTITUT KONFUSIUS MENJADI STRATEGI NATION BRANDING TIONGKOK DI INDONESIA PERIODE 2019-2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas peran Institut Konfusius menjadi strategi nation branding Tiongkok di Indonesia periode 2019-2023. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menjelaskan alasan Tiongkok memanfaatkan paham Konfusianisme sebagai alat diplomasi untuk membangun citra positif dan mengurangi stigma negatif di Indonesia. Melalui kegiatan budaya, program pendidikan, pengajaran Bahasa Mandarin, Institut Konfusius berfungsi sebagai jembatan antara kedua negara dalam mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan, kedamaian dan harmoni. Penelitian ini juga mengeksplorasi dampak dari soft power dalam mempererat hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok dan keberhasilan Institut Konfusius dalam membangun ketertarikan masyarakat Indonesia serta tantangan sejarah dan stigma ideologis yang dihadapkan oleh Tiongkok dalam mempromosikan Institut Konfusius di Indonesia.

Dosen Pembimbing: Grace Lestariana Wonoadi, S.IP., M.Si. | NIDN0509056901
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Confucius Institute, Nation Branding, China, Confucianism, Ideological
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Hubungan Internasional
Depositing User: Bima
Date Deposited: 25 May 2025 14:18
Last Modified: 25 May 2025 14:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51264

Actions (login required)

View Item View Item