DEANI SASTRAWIRANA SUTOPO (2025) PENGGUNAAN INSTITUT KONFUSIUS MENJADI STRATEGI NATION BRANDING TIONGKOK DI INDONESIA PERIODE 2019-2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (270kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (319kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas peran Institut Konfusius menjadi strategi nation branding Tiongkok di Indonesia periode 2019-2023. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menjelaskan alasan Tiongkok memanfaatkan paham Konfusianisme sebagai alat diplomasi untuk membangun citra positif dan mengurangi stigma negatif di Indonesia. Melalui kegiatan budaya, program pendidikan, pengajaran Bahasa Mandarin, Institut Konfusius berfungsi sebagai jembatan antara kedua negara dalam mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan, kedamaian dan harmoni. Penelitian ini juga mengeksplorasi dampak dari soft power dalam mempererat hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok dan keberhasilan Institut Konfusius dalam membangun ketertarikan masyarakat Indonesia serta tantangan sejarah dan stigma ideologis yang dihadapkan oleh Tiongkok dalam mempromosikan Institut Konfusius di Indonesia.
| Dosen Pembimbing: | Grace Lestariana Wonoadi, S.IP., M.Si. | NIDN0509056901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Confucius Institute, Nation Branding, China, Confucianism, Ideological |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Hubungan Internasional |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 25 May 2025 14:18 |
| Last Modified: | 25 May 2025 14:18 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51264 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
