NUHAN IZZA HAMDA (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN ITIK PETELUR DAN DISTRIBUTOR PAKAN TERNAK DI PT. AMAR FARM INTERNATIONAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) serta merumuskan alternatif strategi pengembangan pada usaha peternakan itik petelur dan distributor pakan ternak di PT. Amar Farm International. Responden penelitian berjumlah 24 orang yang terdiri dari pihak perusahaan dan beberapa konsumen serta mitra dari perusahaan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data dianalisis menggunakan Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks IE, Analisis SWOT, dan Matriks QSPM. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal pada PT. Amar Farm International meliputi kualitas produk baik, lokasi strategis, produk mudah didapatkan, bermitra dengan pengepul telur, ketepatan pemberian produk, harga produk (pakan) terjangkau, struktur alas dan sekat kandang kurang baik, akses jalan kurang baik, tidak terdapat standar operasional prosedur dan, manajer operasional, serta pembukuan tidak menggunakan teknologi digital. Sedangkan faktor eksternal pada PT. Amar Farm International meliputi permintaan pasar telur itik tinggi, perkembangan teknologi digital, kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan protein, bermitra dengan peternak lain, terdapat banyak produsen telur asin dan penjual makan yang menggunakan bahan dasar telur itik, fluktuasi harga telur dan pakan itik, peternak itik lain, perubahan cuaca dan iklim, serta serangan penyakit. Selanjutnya berdasarkan analisis SWOT dan Matriks QSPM, strategi pengembangan usaha yang menjadi prioritas bagi PT. Amar Farm International adalah mempertahankan dan meningkatkan jumlah konsumen dengan menjaga kualitas produk serta ketepatan pemberian produk dengan total skor 3,421. Sedangkan alternatif strategi terakhir yang dapat dilakukan yaitu melakukan diverifikasi produk pakan ternak dengan total skor 1,054.

Dosen Pembimbing: Retno Wulandari, Dr., S.P., M.Sc. | NIDN0507037701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Development strategy, internal factors, external factors, SWOT analysis, QSPM matrix
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Bima
Date Deposited: 25 May 2025 14:08
Last Modified: 25 May 2025 14:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51271

Actions (login required)

View Item View Item