NUHAN IZZA HAMDA (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN ITIK PETELUR DAN DISTRIBUTOR PAKAN TERNAK DI PT. AMAR FARM INTERNATIONAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (503kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (117kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
|
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (697kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) serta merumuskan alternatif strategi pengembangan pada usaha peternakan itik petelur dan distributor pakan ternak di PT. Amar Farm International. Responden penelitian berjumlah 24 orang yang terdiri dari pihak perusahaan dan beberapa konsumen serta mitra dari perusahaan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data dianalisis menggunakan Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks IE, Analisis SWOT, dan Matriks QSPM. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal pada PT. Amar Farm International meliputi kualitas produk baik, lokasi strategis, produk mudah didapatkan, bermitra dengan pengepul telur, ketepatan pemberian produk, harga produk (pakan) terjangkau, struktur alas dan sekat kandang kurang baik, akses jalan kurang baik, tidak terdapat standar operasional prosedur dan, manajer operasional, serta pembukuan tidak menggunakan teknologi digital. Sedangkan faktor eksternal pada PT. Amar Farm International meliputi permintaan pasar telur itik tinggi, perkembangan teknologi digital, kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan protein, bermitra dengan peternak lain, terdapat banyak produsen telur asin dan penjual makan yang menggunakan bahan dasar telur itik, fluktuasi harga telur dan pakan itik, peternak itik lain, perubahan cuaca dan iklim, serta serangan penyakit. Selanjutnya berdasarkan analisis SWOT dan Matriks QSPM, strategi pengembangan usaha yang menjadi prioritas bagi PT. Amar Farm International adalah mempertahankan dan meningkatkan jumlah konsumen dengan menjaga kualitas produk serta ketepatan pemberian produk dengan total skor 3,421. Sedangkan alternatif strategi terakhir yang dapat dilakukan yaitu melakukan diverifikasi produk pakan ternak dengan total skor 1,054.
| Dosen Pembimbing: | Retno Wulandari, Dr., S.P., M.Sc. | NIDN0507037701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Development strategy, internal factors, external factors, SWOT analysis, QSPM matrix |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 25 May 2025 14:08 |
| Last Modified: | 25 May 2025 14:08 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
