FAUZAN AZIMA (2025) ANALISIS MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA DAERAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2020-2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan kualitas pelayanan publik tidak terlepas dari peran pemerintah daerah dalam mengelola kebijakan. Sebagai pemegang kebijakan ditingkat daerah, peran kepemimpinan kepala daerah sangat penting dalam menyusun dan menjalankan kebijakan-kebijakan strategis sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kabupaten Pesisir Selatan dibawah kepemimpinan bapak Rusma Yul Anwar memiliki teroboson untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan membuat beberapa kebijakan seperti dibentuknya Pusat Layanan Usaha Terpadu yang sangat membantu masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan dalam menerima layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kepemimpinana transformatif kepala daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2020-2023. Penelitian ini disusun dengan harapan mampu memberikan gambaran bagi kepala daerah dalam menerapkan model kepemimpinan transformatif sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi literature, dokumentasi. Terdapat empat variabel yang digunakan untuk batasan penelitian yaitu idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation dan consideration individualized. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan empat variable karakteristik kepemimpinan transformatif maka dapat disimpulkan bahwa bupati Pesisir Selatan bapak Rusma Yul Anwar telah menerapkan model kepemimpinan transformative dalam meningkatkan kualitas pelayanan public dengan baik. Adapun variable yang memiliki pengaruh dalam meningkatkan kualitas pelayanan public adalah intellectual stimulation (stimulus intelektual) Hal ini dibuktikan dengan adanya inovasi seperti Pusat Layanan Usaha Terpadu, adanya aplikasi sistem administrasi layanan mandiri (SALAM), mobil keliling, serta adaya program aplikasi nagari bersekolah (PRONASA). Selain itu dibuktikan juga dengan sikap profesionalis bupati Pesisir Selatan yang bekerja berdasarkan regulasi dan tupoksi serta kreatifitasnya dalam pelayanan publik.

Dosen Pembimbing: Erni Zuhriyati, S.IP., S.S., M.A. | NIDN0515037601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Transformative Leadership, Regional Head, Public Service
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 25 May 2025 14:05
Last Modified: 25 May 2025 14:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51275

Actions (login required)

View Item View Item