FAUZAN AZIMA (2025) ANALISIS MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA DAERAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2020-2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (353kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (317kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Peningkatan kualitas pelayanan publik tidak terlepas dari peran pemerintah daerah dalam mengelola kebijakan. Sebagai pemegang kebijakan ditingkat daerah, peran kepemimpinan kepala daerah sangat penting dalam menyusun dan menjalankan kebijakan-kebijakan strategis sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kabupaten Pesisir Selatan dibawah kepemimpinan bapak Rusma Yul Anwar memiliki teroboson untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan membuat beberapa kebijakan seperti dibentuknya Pusat Layanan Usaha Terpadu yang sangat membantu masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan dalam menerima layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kepemimpinana transformatif kepala daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2020-2023. Penelitian ini disusun dengan harapan mampu memberikan gambaran bagi kepala daerah dalam menerapkan model kepemimpinan transformatif sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi literature, dokumentasi. Terdapat empat variabel yang digunakan untuk batasan penelitian yaitu idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation dan consideration individualized. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan empat variable karakteristik kepemimpinan transformatif maka dapat disimpulkan bahwa bupati Pesisir Selatan bapak Rusma Yul Anwar telah menerapkan model kepemimpinan transformative dalam meningkatkan kualitas pelayanan public dengan baik. Adapun variable yang memiliki pengaruh dalam meningkatkan kualitas pelayanan public adalah intellectual stimulation (stimulus intelektual) Hal ini dibuktikan dengan adanya inovasi seperti Pusat Layanan Usaha Terpadu, adanya aplikasi sistem administrasi layanan mandiri (SALAM), mobil keliling, serta adaya program aplikasi nagari bersekolah (PRONASA). Selain itu dibuktikan juga dengan sikap profesionalis bupati Pesisir Selatan yang bekerja berdasarkan regulasi dan tupoksi serta kreatifitasnya dalam pelayanan publik.
| Dosen Pembimbing: | Erni Zuhriyati, S.IP., S.S., M.A. | NIDN0515037601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Transformative Leadership, Regional Head, Public Service |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 25 May 2025 14:05 |
| Last Modified: | 25 May 2025 14:05 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
