MUHAMMAD IRFAN (2025) PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2022 PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (362kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (144kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan akademik mahasiswa. Salah satu aspek psikologis yang berperan dalam motivasi belajar adalah Locus of Control (LoC), yaitu keyakinan individu terhadap kendali atas peristiwa dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Locus of Control terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Angkatan 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 mahasiswa yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang terdiri dari skala Locus of Control dan skala motivasi belajar. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki Locus of Control internal, yang berarti mereka lebih percaya bahwa keberhasilan akademik bergantung pada usaha dan keputusan pribadi dibandingkan faktor eksternal. Analisis regresi menunjukkan bahwa Locus of Control berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, dengan nilai R Square sebesar 0,729, yang berarti 72,9% variasi dalam motivasi belajar dapat dijelaskan oleh Locus of Control. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat Locus of Control internal mahasiswa, semakin tinggi pula motivasi belajarnya.
| Dosen Pembimbing: | Ghoffar Ismail, S.Ag., M.A. | NIDN0503037201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Locus of Control, Learning Motivation, Students, Islamic Religious Education |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 25 May 2025 14:03 |
| Last Modified: | 25 May 2025 14:03 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51276 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
