FADIA AZZAHRA (2025) ISU PEREMPUAN DALAM PEMASARAN POLITIK PILPRES 2024: STUDI KASUS PASANGAN ANIES BASWEDAN-MUHAIMIN ISKANDAR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemilu 2024 menjadi momentum penting dalam perjalanan demokrasi di Indonesia, dengan tiga pasangan calon bersaing dalam kontestasi pemilihan presiden. Salah satu pasangan tersebut adalah Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Dalam proses kampanye, isu perempuan muncul sebagai salah satu tema strategis yang diangkat oleh para kandidat untuk menarik simpati pemilih. Pasangan AniesMuhaimin tampil sebagai kandidat yang paling vokal dalam menyuarakan isu-isu fundamental terkait perempuan. Namun demikian, meskipun jumlah pemilih perempuan tercatat lebih besar dalam DPT, pasangan ini hanya berhasil meraih 24% suara nasional dan menempati posisi kedua. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana isu perempuan diangkat dan diintegrasikan ke dalam strategi pemasaran politik pasangan Anies-Muhaimin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam proses reduksi dan penyajian data, peneliti juga memanfaatkan perangkat lunak Nvivo 12 Plus untuk membantu proses analisis secara sistematis. Untuk menjamin validitas data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isu perempuan menjadi elemen penting dalam strategi kampanye pasangan AniesMuhaimin pada Pilpres 2024. Analisis visi-misi dan data NVivo mengungkapkan bahwa fokus utama mereka mencakup perlindungan perempuan, kesetaraan hak, kebijakan responsif gender, serta pemberdayaan perempuan, meskipun aspek terakhir masih kurang mendapat perhatian. Strategi kampanye dilaksanakan melalui pendekatan pull, push, dan pass marketing, dengan pull marketing sebagai metode dominan yang diwujudkan melalui kampanye langsung dan dialog publik. Isu perempuan disampaikan secara komprehensif oleh pasangan AMIN melalui kampanye langsung, seperti program Desak Anies dan Slepet Imin. Pendekatan ini berhasil menarik perhatian terhadap isu perempuan dan menyasar pemilih perempuan sebagai segmen strategis. Namun, hasil Pilpres menunjukkan bahwa keberhasilan Pemilu tetap dipengaruhi oleh dinamika politik yang lebih luas.

Dosen Pembimbing: Dian Eka Rahmawati, Dr., S.IP., M.Si. | NIDN0527127401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Anies Baswedan, Women's Issues, Muhaimin Iskandar, Political Marketing, 2024 Presidential Election
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 25 May 2025 13:44
Last Modified: 25 May 2025 13:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51290

Actions (login required)

View Item View Item