SYAUQIA SALSABILLA (2025) ANALISIS KEPUASAN PEDAGANG DAN KONSUMEN PASAR BERINGHARJO TERHADAP METODE PEMBAYARAN DENGAN QRIS DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (610kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (213kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
|
|
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Terdapat dua permasalahan utama terkait penggunaan metode pembayaran dengan QRIS di Pasar Beringharjo, yaitu keterbatasan pemahaman pembayaran digital dan koneksi internet kurang stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan serta karakteristik pedagang dan konsumen Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta terhadap metode pembayaran dengan QRIS. Responden terdiri dari 32 pedagang serta 45 konsumen bahan makanan komoditas pertanian yang menggunakan atau pernah menggunakan metode pembayaran QRIS melalui metode snowball sampling dan incidental sampling. Analisis data menggunakan CSI dan IPA. Hasil CSI menunjukkan kriteria sangat puas, yaitu 85,0% untuk pedagang dan 83,7% untuk konsumen. Hasil IPA menunjukkan 13 indikator pada pedagang dan 12 indikator pada konsumen perlu dipertahankan kinerjanya. Sementara itu, 5 indikator pada pedagang dan 6 indikator pada konsumen perlu diperbaiki untuk meningkatkan kepuasan. Pedagang umumnya berusia produktif, berpendidikan menengah, dan terbiasa menggunakan teknologi digital karena transaksi lebih cepat dan efisien. Konsumen umumnya berusia 17–40 tahun, berpendidikan menengah, memiliki akses smartphone dan aplikasi digital karena mudah, aman, dan praktis. Kedua pihak menunjukkan penerimaan positif terhadap QRIS sebagai metode pembayaran non tunai.
| Dosen Pembimbing: | Widodo, Dr. Ir., M.P. | NIDN0522036701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, QRIS Payment Method, Satisfaction |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 25 May 2025 13:42 |
| Last Modified: | 25 May 2025 13:42 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51291 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
