SYAUQIA SALSABILLA (2025) ANALISIS KEPUASAN PEDAGANG DAN KONSUMEN PASAR BERINGHARJO TERHADAP METODE PEMBAYARAN DENGAN QRIS DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Terdapat dua permasalahan utama terkait penggunaan metode pembayaran dengan QRIS di Pasar Beringharjo, yaitu keterbatasan pemahaman pembayaran digital dan koneksi internet kurang stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan serta karakteristik pedagang dan konsumen Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta terhadap metode pembayaran dengan QRIS. Responden terdiri dari 32 pedagang serta 45 konsumen bahan makanan komoditas pertanian yang menggunakan atau pernah menggunakan metode pembayaran QRIS melalui metode snowball sampling dan incidental sampling. Analisis data menggunakan CSI dan IPA. Hasil CSI menunjukkan kriteria sangat puas, yaitu 85,0% untuk pedagang dan 83,7% untuk konsumen. Hasil IPA menunjukkan 13 indikator pada pedagang dan 12 indikator pada konsumen perlu dipertahankan kinerjanya. Sementara itu, 5 indikator pada pedagang dan 6 indikator pada konsumen perlu diperbaiki untuk meningkatkan kepuasan. Pedagang umumnya berusia produktif, berpendidikan menengah, dan terbiasa menggunakan teknologi digital karena transaksi lebih cepat dan efisien. Konsumen umumnya berusia 17–40 tahun, berpendidikan menengah, memiliki akses smartphone dan aplikasi digital karena mudah, aman, dan praktis. Kedua pihak menunjukkan penerimaan positif terhadap QRIS sebagai metode pembayaran non tunai.

Dosen Pembimbing: Widodo, Dr. Ir., M.P. | NIDN0522036701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, QRIS Payment Method, Satisfaction
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Bima
Date Deposited: 25 May 2025 13:42
Last Modified: 25 May 2025 13:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51291

Actions (login required)

View Item View Item