DITA INDAH RAMADANI (2025) ANALISIS PENGARUH REVIEW FASHION DAN LIFESTYLEINFLUENCER TERHADAP PERILAKU KONSUMSI ISLAMIPADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PADA REMAJA GEN Z DI YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (423kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (906kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh review fashion dan lifestyle influencer terhadap perilaku konsumsi Islami pada platform e-commerce shopee di kalangan remaja Gen Z di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 120 responden yang sesuai dengan kriteria, yaitu beragama Islam, Gen Z yang berdomisili di Yogyakarta, aktif media sosial, mengikuti influencer, dan pernah berbelanja di shopee minimal satu kali. Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa review fashion dan lifestyle influencer secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi Islami. Secara simultan, kedua variabel juga berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumsi Islami pada Gen Z di Yogyakarta. Temuan ini menunjukkan bahwa review fashion dan lifestyle influencer dapat mempengaruhi keputusan pembelian Gen Z, namun mereka harus tetap mempertimbangkan prinsip-prinsip konsumsi Islami sebelum melakukan pembelian.
| Dosen Pembimbing: | Mukhlis Rahmanto, Lc., M.A. | NIDN0517048501 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | fashion review, lifestyle influencer, Islamic consumption behavior Shopee, Generation Z |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 23 May 2025 03:46 |
| Last Modified: | 23 May 2025 03:46 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
