FIDIA HARTANTI (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ILUSTRASI FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan memahami huruf Jepang, khususnya hiragana, merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa Jepang. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengenali dan menghafal huruf tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivan penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan penguasaan huruf hiragana di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Data dikumpulkan melalui tes dan angket, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran tertentu mengalami peningkatan signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu (89,89 > 84,00), dan hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok yaitu (3,263 > 1.994). Respon siswa terhadap media pembelajaran ini positif yaitu sebesar 92,5% dan negatif sebesar (5,6%) menunjukkan bahwa metode ini dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam belajar huruf hiragana. Abstrak tambah yg bagian bahasa lain juga.

Dosen Pembimbing: Azizia Freda Savana, S.Pd., M.Pd. | NIDN0521128603
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: effectiveness, learning, flashcard, hiragana, instructional media
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Bima
Date Deposited: 23 May 2025 03:35
Last Modified: 23 May 2025 03:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51302

Actions (login required)

View Item View Item