FIDIA HARTANTI (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ILUSTRASI FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (609kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (467kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan memahami huruf Jepang, khususnya hiragana, merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa Jepang. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengenali dan menghafal huruf tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivan penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan penguasaan huruf hiragana di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Data dikumpulkan melalui tes dan angket, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran tertentu mengalami peningkatan signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu (89,89 > 84,00), dan hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok yaitu (3,263 > 1.994). Respon siswa terhadap media pembelajaran ini positif yaitu sebesar 92,5% dan negatif sebesar (5,6%) menunjukkan bahwa metode ini dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam belajar huruf hiragana. Abstrak tambah yg bagian bahasa lain juga.
| Dosen Pembimbing: | Azizia Freda Savana, S.Pd., M.Pd. | NIDN0521128603 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | effectiveness, learning, flashcard, hiragana, instructional media |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 23 May 2025 03:35 |
| Last Modified: | 23 May 2025 03:35 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
