ARUM KUSUMA HASTUTI (2025) INOVASI PELAYANAN TANPA TURUN (LANTATUR) DAN JEMBATANI LAYANAN WAKTU ISTIRAHAT (JELAWAT) DALAM PENGURUSAN PASPOR DI KOTA SAMPIT TAHUN 2023 (STUDI KASUS: KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI SAMPIT, KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR, KALIMANTAN TENGAH). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan publik dituntut untuk terus memberikan pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat agar kebutuhan akan pelayanan dapat terpenuhi secara maksimal. Dalam mendukung adanya penerapan inovasi di instansi pemerintah daerah, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit turut berkontribusi dan mengimbangi keadaan era sekarang terutama pelayanan publik. Di tahun 2021, Direktur Jenderal Imigrasi menargetkan kepada seluruh satuan kerja agar dapat memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Untuk dapat merealisasikan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi maka satuan kerja harus mengumpulkan seluruh program inovasi unggulan mereka. Sehingga di tahun 2021 Kantor Imigrasi Sampit membuat 17 inovasi baru dalam bidang pelayanan keimigrasian. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan implementasi inovasi layanan tanpa turun (lantatur) dan jembatani layanan waktu istirahat (jelawat) dalam pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi Lantatur dan Jelawat dalam pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit. Menurut teori karakteristik inovasi pelayanan publik dari Everett M. Rogers, yaitu: keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba dan kemudahan diamati serta menurut teori faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi dari Fontana, yaitu: organisasi, budaya dan manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Inovasi Pelayanan Lantatur dan Jelawat dalam Pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit Tahun 2023 telah menerapkan karakteristik inovasi dan memiliki nilai kebaharuan. Namun, pada indikator kerumitan terdapat kesulitan dalam akses untuk kendaraan besar di loket drive thru / lantatur, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi Lantatur dan Jelawat dalam pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit Tahun 2023 adalah kesiapan organisasi, kemampuan individu untuk beradaptasi, serta kualitas sumber daya manusia.

Dosen Pembimbing: Ulung Pribadi, Prof. Dr., M.Si. | NIDN0510106501
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Innovation, Public Service, Lantatur, Jelawat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 23 May 2025 03:26
Last Modified: 23 May 2025 03:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51310

Actions (login required)

View Item View Item