ARUM KUSUMA HASTUTI (2025) INOVASI PELAYANAN TANPA TURUN (LANTATUR) DAN JEMBATANI LAYANAN WAKTU ISTIRAHAT (JELAWAT) DALAM PENGURUSAN PASPOR DI KOTA SAMPIT TAHUN 2023 (STUDI KASUS: KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI SAMPIT, KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR, KALIMANTAN TENGAH). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (357kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (236kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pelayanan publik dituntut untuk terus memberikan pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat agar kebutuhan akan pelayanan dapat terpenuhi secara maksimal. Dalam mendukung adanya penerapan inovasi di instansi pemerintah daerah, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit turut berkontribusi dan mengimbangi keadaan era sekarang terutama pelayanan publik. Di tahun 2021, Direktur Jenderal Imigrasi menargetkan kepada seluruh satuan kerja agar dapat memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Untuk dapat merealisasikan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi maka satuan kerja harus mengumpulkan seluruh program inovasi unggulan mereka. Sehingga di tahun 2021 Kantor Imigrasi Sampit membuat 17 inovasi baru dalam bidang pelayanan keimigrasian. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan implementasi inovasi layanan tanpa turun (lantatur) dan jembatani layanan waktu istirahat (jelawat) dalam pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi Lantatur dan Jelawat dalam pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit. Menurut teori karakteristik inovasi pelayanan publik dari Everett M. Rogers, yaitu: keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba dan kemudahan diamati serta menurut teori faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi dari Fontana, yaitu: organisasi, budaya dan manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Inovasi Pelayanan Lantatur dan Jelawat dalam Pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit Tahun 2023 telah menerapkan karakteristik inovasi dan memiliki nilai kebaharuan. Namun, pada indikator kerumitan terdapat kesulitan dalam akses untuk kendaraan besar di loket drive thru / lantatur, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi Lantatur dan Jelawat dalam pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit Tahun 2023 adalah kesiapan organisasi, kemampuan individu untuk beradaptasi, serta kualitas sumber daya manusia.
| Dosen Pembimbing: | Ulung Pribadi, Prof. Dr., M.Si. | NIDN0510106501 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Innovation, Public Service, Lantatur, Jelawat |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 23 May 2025 03:26 |
| Last Modified: | 23 May 2025 03:26 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
