ADRANTY FAUZIYYAH CHOIRUNNISA (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka mendukung pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan pelajar dan kondisi satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Yogyakarta, (2) Mengetahui hambatan dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka, (3) Mengetahui upaya dalam mengatasi hambatan pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan validitas data diuji melalui triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAI telah berjalan dengan baik, ditandai dengan penggunaan modul ajar, penyampaian tujuan pembelajaran, dan penerapan metode pembelajaran aktif. (2) Masih ditemukan beberapa hambatan, seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap modul ajar dan kurang konsistennya penyampaian tujuan pembelajaran oleh guru. (3) Upaya yang dilakukan sekolah dalam mengatasi hambatan antara lain adalah pelatihan guru, penggunaan pendekatan diferensiasi, dan penguatan refleksi. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan praktik implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya dalam konteks pembelajaran PAI di tingkat SMP.

Dosen Pembimbing: Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. | NIDN0501088601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Independent Curriculum; Islamic Religious Education; Implementation; Obstacles
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 23 May 2025 03:13
Last Modified: 23 May 2025 03:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51314

Actions (login required)

View Item View Item