ADRANTY FAUZIYYAH CHOIRUNNISA (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (411kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (156kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka mendukung pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan pelajar dan kondisi satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Yogyakarta, (2) Mengetahui hambatan dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka, (3) Mengetahui upaya dalam mengatasi hambatan pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan validitas data diuji melalui triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAI telah berjalan dengan baik, ditandai dengan penggunaan modul ajar, penyampaian tujuan pembelajaran, dan penerapan metode pembelajaran aktif. (2) Masih ditemukan beberapa hambatan, seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap modul ajar dan kurang konsistennya penyampaian tujuan pembelajaran oleh guru. (3) Upaya yang dilakukan sekolah dalam mengatasi hambatan antara lain adalah pelatihan guru, penggunaan pendekatan diferensiasi, dan penguatan refleksi. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan praktik implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya dalam konteks pembelajaran PAI di tingkat SMP.
| Dosen Pembimbing: | Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. | NIDN0501088601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Independent Curriculum; Islamic Religious Education; Implementation; Obstacles |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 23 May 2025 03:13 |
| Last Modified: | 23 May 2025 03:13 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
