ABDUR RAHIM (2025) PENGARUH CRUMB RUBBER TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL PADA ASPAL POROUS DENGAN TEKNIK PENCAMPURAN BASAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (81kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pesatnya pertumbuhan ekonomi yang didukung oleh bonus demografi menyebabkan peningkatan signifikan dalam mobilitas manusia dan barang. Di Indonesia, perkerasan kaku merupakan jenis perkerasan jalan yang umum digunakan. Namun, untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, perkerasan kaku sering dilapisi dengan perkerasan lentur, salah satunya adalah aspal porous. Aspal porous merupakan jenis perkerasan berpori yang didominasi agregat kasar, bertujuan untuk meningkatkan daya cengkeram dan mengurangi risiko genangan air di permukaan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan crumb rubber terhadap karakteristik Marshall pada campuran aspal porous serta menentukan kadar aspal optimum. Variasi kadar aspal yang digunakan adalah 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7% dengan penambahan crumb rubber sebesar 12,5% dari berat aspal. Pengujian dilakukan dengan metode Marshall, Cantabro Loss, dan Asphalt Flow Down berdasarkan standar Australian Asphalt Pavement Association (1997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kadar aspal menyebabkan nilai Density, VMA, VFA, dan Flow cenderung meningkat, sedangkan nilai VIM, Marshall Quotient, Cantabro Loss (CL), Asphalt Flow Down (AFD), dan Stabilitas cenderung menurun. Kadar aspal optimum diperoleh pada kadar 6%, di mana seluruh parameter memenuhi spesifikasi yang ditetapkan. Selain meningkatkan performa teknis perkerasan jalan, penggunaan crumb rubber juga berkontribusi terhadap pengurangan limbah ban bekas, memberikan dampak positif bagi lingkungan.
| Dosen Pembimbing: | Anita Rahmawati, S.T., M.Sc. and Dian Setiawan M., Ir., S.T., M.Sc., Ph.D., A.M.ASCE. | NIDN0512067701, NIDN0530078801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Porous asphalt, crumb rubber, Marshall characteristics, Cantabro Loss, Asphalt Flow Down |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 23 May 2025 02:02 |
| Last Modified: | 23 May 2025 02:02 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
