ABDUR RAHIM (2025) PENGARUH CRUMB RUBBER TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL PADA ASPAL POROUS DENGAN TEKNIK PENCAMPURAN BASAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pesatnya pertumbuhan ekonomi yang didukung oleh bonus demografi menyebabkan peningkatan signifikan dalam mobilitas manusia dan barang. Di Indonesia, perkerasan kaku merupakan jenis perkerasan jalan yang umum digunakan. Namun, untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, perkerasan kaku sering dilapisi dengan perkerasan lentur, salah satunya adalah aspal porous. Aspal porous merupakan jenis perkerasan berpori yang didominasi agregat kasar, bertujuan untuk meningkatkan daya cengkeram dan mengurangi risiko genangan air di permukaan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan crumb rubber terhadap karakteristik Marshall pada campuran aspal porous serta menentukan kadar aspal optimum. Variasi kadar aspal yang digunakan adalah 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7% dengan penambahan crumb rubber sebesar 12,5% dari berat aspal. Pengujian dilakukan dengan metode Marshall, Cantabro Loss, dan Asphalt Flow Down berdasarkan standar Australian Asphalt Pavement Association (1997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kadar aspal menyebabkan nilai Density, VMA, VFA, dan Flow cenderung meningkat, sedangkan nilai VIM, Marshall Quotient, Cantabro Loss (CL), Asphalt Flow Down (AFD), dan Stabilitas cenderung menurun. Kadar aspal optimum diperoleh pada kadar 6%, di mana seluruh parameter memenuhi spesifikasi yang ditetapkan. Selain meningkatkan performa teknis perkerasan jalan, penggunaan crumb rubber juga berkontribusi terhadap pengurangan limbah ban bekas, memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Dosen Pembimbing: Anita Rahmawati, S.T., M.Sc. and Dian Setiawan M., Ir., S.T., M.Sc., Ph.D., A.M.ASCE. | NIDN0512067701, NIDN0530078801
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Porous asphalt, crumb rubber, Marshall characteristics, Cantabro Loss, Asphalt Flow Down
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 23 May 2025 02:02
Last Modified: 23 May 2025 02:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51327

Actions (login required)

View Item View Item