ABDURROHMAN (2025) VARIASI HARGA DAN INTEGRASI PASAR VERTIKAL BAWANG MERAH KABUPATEN NGANJUK JAWA TIMUR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (645kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bawang merah dari Nganjuk tidak hanya didistribusikan di wilayah tersebut, tetapi juga ke seluruh Indonesia, termasuk Pasar Induk Kramat Jati dan pasar konsumen di Jakarta. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis variasi harga bawang merah di tingkat produsen, pasar induk, dan pasar konsumen; (2) menganalisis integrasi pasar vertikal antara pasar produsen di Nganjuk dengan Pasar induk di Jakarta. Data yang digunakan adalah harga bulanan bawang merah di tingkat produsen di Nganjuk, Pasar Induk Kramat Jati serta pasar minggu selama periode April 2021 – Desember 2024. Data dianalisis menggunakan Index of Market Connection (IMC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi harga bawang merah Kabupaten Nganjuk di tingkat produsen, pasar induk, dan pasar konsumen memiliki nilai koefisien variasi yang tinggi. Nilai rata-rata koefisien variasi (KV) di tingkat produsen sebesar 30,43%, di tingkat induk sebesar 32,62%, dan di tingkat konsumen 20,74%. Dalam jangka pendek, terdapat integrasi yang lemah antara pasar produsen dan pasar induk di Jakarta, namun dalam jangka panjang tidak terdapat integrasi antara keduanya. Baik dalam jangka pendek dan jangka panjang, tidak ada integrasi antara pasar induk dan pasar konsumen di Jakarta.

Dosen Pembimbing: Diah Rina Kamardiani, Ir., M.P. | NIDN0504056401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Price Variaton, Shallot, Vertical Market Integration
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Bima
Date Deposited: 23 May 2025 01:51
Last Modified: 23 May 2025 01:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51335

Actions (login required)

View Item View Item