ABDURROHMAN (2025) VARIASI HARGA DAN INTEGRASI PASAR VERTIKAL BAWANG MERAH KABUPATEN NGANJUK JAWA TIMUR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (645kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (137kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
|
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bawang merah dari Nganjuk tidak hanya didistribusikan di wilayah tersebut, tetapi juga ke seluruh Indonesia, termasuk Pasar Induk Kramat Jati dan pasar konsumen di Jakarta. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis variasi harga bawang merah di tingkat produsen, pasar induk, dan pasar konsumen; (2) menganalisis integrasi pasar vertikal antara pasar produsen di Nganjuk dengan Pasar induk di Jakarta. Data yang digunakan adalah harga bulanan bawang merah di tingkat produsen di Nganjuk, Pasar Induk Kramat Jati serta pasar minggu selama periode April 2021 – Desember 2024. Data dianalisis menggunakan Index of Market Connection (IMC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi harga bawang merah Kabupaten Nganjuk di tingkat produsen, pasar induk, dan pasar konsumen memiliki nilai koefisien variasi yang tinggi. Nilai rata-rata koefisien variasi (KV) di tingkat produsen sebesar 30,43%, di tingkat induk sebesar 32,62%, dan di tingkat konsumen 20,74%. Dalam jangka pendek, terdapat integrasi yang lemah antara pasar produsen dan pasar induk di Jakarta, namun dalam jangka panjang tidak terdapat integrasi antara keduanya. Baik dalam jangka pendek dan jangka panjang, tidak ada integrasi antara pasar induk dan pasar konsumen di Jakarta.
| Dosen Pembimbing: | Diah Rina Kamardiani, Ir., M.P. | NIDN0504056401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Price Variaton, Shallot, Vertical Market Integration |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 23 May 2025 01:51 |
| Last Modified: | 23 May 2025 01:51 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
