ADJI PANGESTU (2025) PEMASARAN SALAK PONDOH DI DESA GUNUNG TUGEL KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATN WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (303kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (139kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
|
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui saluran pemasaran salak pondoh di Desa Gunung Tugel Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo. (2) Mengetahui biaya pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pemasaran dan farmer’s share. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengambilan sampel petani secara acak dengan spiner dari tiga kelompok tani salak pondoh terbesar di Desa Gunung Tugel sebanyak 31 orang (10% dari populasi) dengan teori Yount. Lembaga pemasaran diambil dengan metode snowball sampling sebanyak 17 pedagang. Pengambilan data dengan wawancara ataupun menggunakan media whatsapp dengan bantuan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan terdapat lima saluran pemasaran. Saluran I: Petani - Grosir – Pengecer – Konsumen (Pasar Sumatera); Saluran II: Petani – Grosir – Pengecer – Konsumen (Pasar Jawa Timur); Saluran III: Petani – Pengepul Kecamatan – Grosir – Pengecer – Konsumen (Pasar Jawa Timur); Saluran IV: Petani – Pengepul Desa – Pengepul Kecamatan – Grosir – Pengecer – Konsumen (Pasar Jawa Timur); Saluran V: Petani – Pengepul Kecamatan – Grosir – Pengecer – Konsumen (Pasar DKI Jakarta). Biaya pemasaran tertinggi terdapat pada saluran IV Rp. 3.360/kg (Pasuruan Jawa Timur), sedangkan biaya pemasaran terendah pada saluran II Rp. 2.341/kg (Lamongan Jawa Timur). Marjin pemasaran tertinggi terdapat pada saluran IV Rp. 7.400/kg (Pasuruan Jawa Timur), sedangkan marjin pemasaran terendah pada saluran II Rp. 5.500/kg (Lamongan Jawa Timur). Keuntungan pemasaran tertinggi terdapat pada saluran IV Rp. 4.040/kg (Pasuruan Jawa Timur), sedangkan keuntungan pemasaran terendah pada saluran II Rp. 3.159/kg (Lamongan Jawa Timur). Farmer,s share tertinggi terdapat pada saluran I sebesar 49%,(Sumatera) sedangkan farmer’s share terendah pada saluran IV sebesar 18% kg (Pasuruan Jawa Timur).
| Dosen Pembimbing: | Diah Rina Kamardiani, Ir., M.P. | NIDN0504056401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Cost, Profit, Margin, Marketing, Farmer’s Share |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 23 May 2025 01:39 |
| Last Modified: | 23 May 2025 01:39 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51343 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
