ADJI PANGESTU (2025) PEMASARAN SALAK PONDOH DI DESA GUNUNG TUGEL KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATN WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui saluran pemasaran salak pondoh di Desa Gunung Tugel Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo. (2) Mengetahui biaya pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pemasaran dan farmer’s share. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengambilan sampel petani secara acak dengan spiner dari tiga kelompok tani salak pondoh terbesar di Desa Gunung Tugel sebanyak 31 orang (10% dari populasi) dengan teori Yount. Lembaga pemasaran diambil dengan metode snowball sampling sebanyak 17 pedagang. Pengambilan data dengan wawancara ataupun menggunakan media whatsapp dengan bantuan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan terdapat lima saluran pemasaran. Saluran I: Petani - Grosir – Pengecer – Konsumen (Pasar Sumatera); Saluran II: Petani – Grosir – Pengecer – Konsumen (Pasar Jawa Timur); Saluran III: Petani – Pengepul Kecamatan – Grosir – Pengecer – Konsumen (Pasar Jawa Timur); Saluran IV: Petani – Pengepul Desa – Pengepul Kecamatan – Grosir – Pengecer – Konsumen (Pasar Jawa Timur); Saluran V: Petani – Pengepul Kecamatan – Grosir – Pengecer – Konsumen (Pasar DKI Jakarta). Biaya pemasaran tertinggi terdapat pada saluran IV Rp. 3.360/kg (Pasuruan Jawa Timur), sedangkan biaya pemasaran terendah pada saluran II Rp. 2.341/kg (Lamongan Jawa Timur). Marjin pemasaran tertinggi terdapat pada saluran IV Rp. 7.400/kg (Pasuruan Jawa Timur), sedangkan marjin pemasaran terendah pada saluran II Rp. 5.500/kg (Lamongan Jawa Timur). Keuntungan pemasaran tertinggi terdapat pada saluran IV Rp. 4.040/kg (Pasuruan Jawa Timur), sedangkan keuntungan pemasaran terendah pada saluran II Rp. 3.159/kg (Lamongan Jawa Timur). Farmer,s share tertinggi terdapat pada saluran I sebesar 49%,(Sumatera) sedangkan farmer’s share terendah pada saluran IV sebesar 18% kg (Pasuruan Jawa Timur).

Dosen Pembimbing: Diah Rina Kamardiani, Ir., M.P. | NIDN0504056401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cost, Profit, Margin, Marketing, Farmer’s Share
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Bima
Date Deposited: 23 May 2025 01:39
Last Modified: 23 May 2025 01:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51343

Actions (login required)

View Item View Item