WIDYA SANDA SALSABILLA (2025) EFISIENSI PEMASARAN JAMBU KRISTAL DI KECAMATAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Petani jambu kristal di Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, umumnya menjual hasil panennya kepada pedagang pengepul, namun posisi tawar petani cenderung lemah sehingga harga yang diterima lebih rendah dibandingkan harga pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran dan lembaga pemasaran, biaya, margin, keuntungan, serta efisiensi pemasaran jambu kristal. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif, berlokasi di Desa Lembupurwo. Sampel terdiri dari 33 petani yang dipilih secara proporsional dan 20 lembaga pemasaran menggunakan teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima saluran pemasaran jambu kristal. Saluran dengan biaya tertinggi adalah Saluran III (petani–pengepul–grosir– pengecer di Pasar Induk Kramat Jati) sebesar Rp 2.991/kg, sedangkan margin pemasaran dan keuntungan pemasaran tertinggi terdapat pada Saluran I (petani–pengumpul–pengecer di kios Jl. Area Bogor, Jakarta Timur), masing-masing sebesar Rp 7.517/kg untuk margin pemasaran dan sebesar Rp 5.220/kg untuk keuntungan pemasaran. Nilai farmer’s share tertinggi pada Saluran IV sebesar 42% karena melibatkan sedikit lembaga dan jarak distribusi yang dekat, sementara yang terendah terdapat pada Saluran I sebesar 34,8%. Nilai IET (Indeks Efisiensi Teknis) terendah adalah 5,1 pada Saluran I dan II. Sementara itu, IEE (Indeks Efisiensi Ekonomis) terendah sebesar 1,4 dimiliki oleh Saluran III, menjadikannya yang paling efisien secara ekonomis meskipun melibatkan lebih banyak lembaga pemasaran.

Dosen Pembimbing: Diah Rina Kamardiani, Ir., M.P. | NIDN0504056401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cost, Profit, Margin, Marketing, Marketing Efficiency
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Bima
Date Deposited: 23 May 2025 01:37
Last Modified: 23 May 2025 01:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51345

Actions (login required)

View Item View Item