WIDYA SANDA SALSABILLA (2025) EFISIENSI PEMASARAN JAMBU KRISTAL DI KECAMATAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (296kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (105kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
|
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Petani jambu kristal di Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, umumnya menjual hasil panennya kepada pedagang pengepul, namun posisi tawar petani cenderung lemah sehingga harga yang diterima lebih rendah dibandingkan harga pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran dan lembaga pemasaran, biaya, margin, keuntungan, serta efisiensi pemasaran jambu kristal. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif, berlokasi di Desa Lembupurwo. Sampel terdiri dari 33 petani yang dipilih secara proporsional dan 20 lembaga pemasaran menggunakan teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima saluran pemasaran jambu kristal. Saluran dengan biaya tertinggi adalah Saluran III (petani–pengepul–grosir– pengecer di Pasar Induk Kramat Jati) sebesar Rp 2.991/kg, sedangkan margin pemasaran dan keuntungan pemasaran tertinggi terdapat pada Saluran I (petani–pengumpul–pengecer di kios Jl. Area Bogor, Jakarta Timur), masing-masing sebesar Rp 7.517/kg untuk margin pemasaran dan sebesar Rp 5.220/kg untuk keuntungan pemasaran. Nilai farmer’s share tertinggi pada Saluran IV sebesar 42% karena melibatkan sedikit lembaga dan jarak distribusi yang dekat, sementara yang terendah terdapat pada Saluran I sebesar 34,8%. Nilai IET (Indeks Efisiensi Teknis) terendah adalah 5,1 pada Saluran I dan II. Sementara itu, IEE (Indeks Efisiensi Ekonomis) terendah sebesar 1,4 dimiliki oleh Saluran III, menjadikannya yang paling efisien secara ekonomis meskipun melibatkan lebih banyak lembaga pemasaran.
| Dosen Pembimbing: | Diah Rina Kamardiani, Ir., M.P. | NIDN0504056401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Cost, Profit, Margin, Marketing, Marketing Efficiency |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 23 May 2025 01:37 |
| Last Modified: | 23 May 2025 01:37 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
