TAMIDHIANI DWI SAPUTRI (2025) PENGARUH CRUMB RUBBER TERHADAP STABILITAS PADA CAMPURAN ASPAL PORUS DENGAN PENCAMPURAN BASAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (194kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Infrastruktur jalan berperan penting dalam mendukung mobilitas dan pembangunan nasional, terlebih dengan meningkatnya jumlah penduduk dan kebutuhan transportasi. Salah satu permasalahan utama adalah kerusakan perkerasan akibat cuaca dan sistem drainase yang buruk. Di Indonesia, jenis perkerasan lentur masih memiliki kelemahan dalam mengatasi genangan air karena sifatnya yang tidak menyerap air. Sebagai alternatif, aspal porus dikembangkan mampu menyerap air hujan dan mengurangi genangan. Namun, banyaknya rongga udara membuat aspal porus kurang stabil. Penambahan (Crumb Rubber) dapat meningkatkan kekuatan, ketahanan terhadap suhu tinggi, serta membantu mengurangi limbah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Crumb Rubber sebagai bahan tambah terhadap karakteristik Marshall dan menentukan kadar aspal optimum. Pengujian dilakukan melalui test Marshall, Cantabro Loss, dan Asphalt Flow Down menggunakan metode pencampuran basah berdasarkan standar Australian Asphalt Pavement Association (AAPA) 1997. Variasi kadar aspal yang digunakan yaitu 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7% dengan penambahan kadar Crumb Rubber 5%. Kadar aspal optimum yang diperoleh pada kadar aspal 6,5%, karena telah memenuhi spesifikasi yang ditentukan. Hasil ini didapatkan pada nilai VIM sebesar 10,74%, nilai stabilitas sebesar 542,25 kg , nilai flow sebesar 5 mm , nilai MQ sebesar 111,65 kg/mm, nilai CL sebesar 2,19%, dan nilai AFD sebesar 0,25%.
| Dosen Pembimbing: | Anita Rahmawati, S.T., M.Sc. | NIDN0512067701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Flexible Pavement, Porous Asphalt, Crumb Rubber, AAPA 1997, Wet Mixing |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 23 May 2025 01:35 |
| Last Modified: | 23 May 2025 01:35 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
