RAIHAN FAQIH ALFATIN (2025) PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN SAYURAN PADA PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (833kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sayuran menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dilewatkan bagi manusia. Pasar merupakan tempat untuk melakukan transaksi jual-beli bagi konsumen dan pelaku usaha. Konsumen membeli sayuran yang awalnya hanya terfokus di pasar tardisional saja, sebelum pasar modern mulai bermunculan dilingkungan masyarakat. Kehadiran pasar modern menjadi lebih beragamnya pilihan tempat pembelian sayuran bagi konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, preferensi konsumen, dan menganalisis atribut paling disukai pada pasar tradisional dan pasar modern dalam pembelian sayuran. Penentuan lokasi pada penelitian ini secara sengaja untuk pasar tradisional yaitu Pasar Giwangan sedangkan untuk pasar modern yaitu Manna Kampus 2. Pengambilan sempel menggunakan Teknik Accidental sampling dengan jumlah responden 100. Analisis Deskriptif digunakan untuk mengetahui karakteristik konsumen, mengetahui preferensi konsumen dan menganalisis atribut yang paling disukai dalam preferensi konsumen sedangkan untuk penilaian skor munggunakan skala likert. Hasil analisis menunjukan mayoritas konsumen berjenis kelamin perempuan dengan rata – rata usia 33 tahun, pendidikan terakhir SMA, pekerjaan sebagai karyawan swasta, memiliki pendapatan Rp2.000.000 – Rp3.999.999, serta memiliki jumlah anggota keluarga 3 hingga 4 orang, untuk jarak tempat tinggal ke Pasar Tradisional 4,3km – 7,5km dan ke Pasar Modern sejauh 1km – 4,2km dari tempat tinggal. Konsumen lebih menyukai Pasar Modern di bandingkan Pasar Tradisional. Atribut paling disukai secara berurutan pada Pasar Tradisional yaitu Keberagaman Jenis, Harga, dan pelayanan sedangkan Pasar Modern yaitu Kenyamanan, Pelayanan, dan Kebersihan Tempat.

Dosen Pembimbing: Susanawati, Dr., S.P., M.P. | NIDN0521027401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Consumer Preferences, Modern Market, Traditional Market, Vegetables
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Bima
Date Deposited: 23 May 2025 01:34
Last Modified: 23 May 2025 01:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51347

Actions (login required)

View Item View Item