MUHAMMAD JUHANDOYO (2025) THE IMPACTS OF USING INDONESIAN SONG “TINGGAL KENANGAN” IN TEACHING TENSES TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (572kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (454kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib di banyak sekolah dan diujikan dalam ujian akhir nasional. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam penggunaan tata bahasa yang benar. Meskipun telah diajarkan di sekolah, metode konvensional sering kali kurang menarik, sehingga siswa kesulitan dalam memahami tenses secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan lagu dalam pembelajaran tata bahasa, khususnya tenses, pada siswa sekolah menengah pertama. Lagu digunakan karena dapat meningkatkan motivasi serta menjadikan proses belajar lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen, di mana kelompok eksperimen diajarkan menggunakan lirik lagu Indonesia berjudul "Tinggal Kenangan" yang diadaptasi ke dalam kalimat dengan berbagai tenses. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMP di Yogyakarta, dengan populasi sebanyak 32 siswa kelas VII C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuan, pemahaman siswa terhadap tenses masih terbatas, dengan nilai pre-test berkisar antara 15 hingga 85 dan rata-rata 69,1. Setelah perlakuan, terjadi peningkatan yang signifikan, dengan nilai post-test terendah 65, tertinggi 100, dan rata-rata 85,8. Analisis statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, hipotesis alternatif (H1) diterima, yang mengonfirmasi bahwa penggunaan lagu dalam pembelajaran tenses berpengaruh positif terhadap penguasaan tata bahasa siswa.
| Dosen Pembimbing: | Sri Rejeki Murtiningsih, S.Pd., M.Ed., Ph.D. | NIDN0518047702 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Grammar Learning, Tenses, Songs, Teaching Method, Junior High School |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 23 May 2025 01:29 |
| Last Modified: | 23 May 2025 01:29 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
