YUNITA PUTRI (2010) BUDAYA PATIENT SAFETY DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50MB)

Abstract

Kesalahan medis termasuk dalam delapan penyebab kematian utama di Amerika. Kesalahan medis yang dialami diantaranya kejadian merugikan, cacat permanen, kematian dan beban ekonomi. Budaya patient safety di RS PKU Muhammadiyah Bantul telah dimulai sejak Bulan Agustus 2006 yang dimulai dengan pengenalan patient safety, pembuatan sistem kerja dan penyusunan TIM KPRS. Perkembangan selarjutnya budaya patient safety hanya dibiarkan berjalan dengan sendirinya pada masing-masing unit Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui budaya patient safety di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Mengetahui frekuensi kategori baik pada masing-masing dimensi dan dimensi yang mempunyai frekuensi kategori baik paling banyak. Mengetahui frekuensi kategori kurang pada masing-masing dimensi dan dimensi yang mempunyai frekuensi kategori kurang paling banyak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subyek penelitian ini adalah petugas medis dan tenaga kesehatan berhubungan langsung dengan pasien di rumah sakit PKU Muhammadiyah Bantul sebanyak 152 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convinient sampling. Pengukuran menggunakan instrumen budaya patient safety mengadopsi kuesioner yang diterjemahkan dari AHRQ (Agency for Healhtcare Research and Quality) tahun 2004 yang berjudul HSOPSC (Hospital Survey on Patient Safety Culture). Kuesioner ini terdiri dari 12 dimensi dengan 42 item butir pertanyaan. Analisis data penelitian untuk menilai budaya patient safety digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan budaya patient safety di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul dalam kategori cukup dengan persentase sebesar 70,89%. Hasil ini juga sejalan dengan persepsi responden terhadap budaya patient safety di Rumah Sakit PKU Muhammadi yah Bantul yang menunjukkan dalam kategori sedang sebanyak 99 orang (65,1%). Dimensi yang mempunyai frekuensi kategori baik paling banyak adalah dimensi timbal balik kesalahan dengan frekuensi sebanyak 115 orang (75,7%). Dimensi yang mempunyai frekuensi kategori kurang paling adalah dimensi frekuensi pelaporan dengan frekuensi sebanyak 50 orang (32,9%).

Dosen Pembimbing: Erwin Santoso, dr., M.Kes., Sp.A. NIDN | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Bima
Date Deposited: 28 May 2025 06:53
Last Modified: 28 May 2025 06:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51387

Actions (login required)

View Item View Item