YUNITA PUTRI (2010) BUDAYA PATIENT SAFETY DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (930kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (50MB) |
Abstract
Kesalahan medis termasuk dalam delapan penyebab kematian utama di Amerika. Kesalahan medis yang dialami diantaranya kejadian merugikan, cacat permanen, kematian dan beban ekonomi. Budaya patient safety di RS PKU Muhammadiyah Bantul telah dimulai sejak Bulan Agustus 2006 yang dimulai dengan pengenalan patient safety, pembuatan sistem kerja dan penyusunan TIM KPRS. Perkembangan selarjutnya budaya patient safety hanya dibiarkan berjalan dengan sendirinya pada masing-masing unit Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui budaya patient safety di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Mengetahui frekuensi kategori baik pada masing-masing dimensi dan dimensi yang mempunyai frekuensi kategori baik paling banyak. Mengetahui frekuensi kategori kurang pada masing-masing dimensi dan dimensi yang mempunyai frekuensi kategori kurang paling banyak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subyek penelitian ini adalah petugas medis dan tenaga kesehatan berhubungan langsung dengan pasien di rumah sakit PKU Muhammadiyah Bantul sebanyak 152 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convinient sampling. Pengukuran menggunakan instrumen budaya patient safety mengadopsi kuesioner yang diterjemahkan dari AHRQ (Agency for Healhtcare Research and Quality) tahun 2004 yang berjudul HSOPSC (Hospital Survey on Patient Safety Culture). Kuesioner ini terdiri dari 12 dimensi dengan 42 item butir pertanyaan. Analisis data penelitian untuk menilai budaya patient safety digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan budaya patient safety di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul dalam kategori cukup dengan persentase sebesar 70,89%. Hasil ini juga sejalan dengan persepsi responden terhadap budaya patient safety di Rumah Sakit PKU Muhammadi yah Bantul yang menunjukkan dalam kategori sedang sebanyak 99 orang (65,1%). Dimensi yang mempunyai frekuensi kategori baik paling banyak adalah dimensi timbal balik kesalahan dengan frekuensi sebanyak 115 orang (75,7%). Dimensi yang mempunyai frekuensi kategori kurang paling adalah dimensi frekuensi pelaporan dengan frekuensi sebanyak 50 orang (32,9%).
| Dosen Pembimbing: | Erwin Santoso, dr., M.Kes., Sp.A. NIDN | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S2) |
| Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 28 May 2025 06:53 |
| Last Modified: | 28 May 2025 06:53 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
