ULIL AMRI (2014) KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH KOMPONEN DAN SETTING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR 4 LANGKАН 113 СС BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM-ETHANOL DENGAN KANDUNGAN ETHANOL 35%. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Bahan bakar alternatif dapat menjadi pilihan pengunaan bahan bakar agar mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang semakin menipis. Ethanol memiliki kesamaan dengan premium sehingga sering digunakan sebagai bahan campuran dengan premium. Pengaturan timing pengapian dengan CDI racing diperlukan agar proses pembakaran dapat sempurna, dikarenakan nilai oktan ethanol lebih tinggi dari premium. Penggunaan ethanol diharapkan dapat memberikan efek baik terhadap kinerja motor bensin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan campuran bahan bakar premium-ethanol terhadap kinerja mesin 4 langkah 113 сс dengan variasi timing pengapian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan campuran bahan bakar premium-etanol terhadap kinerja mesin 4 langkah 113 cc dengan variasi timing pengapian. Pada penelitian ini variasi campuran bahan bakar premium-etanol 35 vol % dengan variasi timing pengapian. pengujian yang dilakukan meliputi torsi,daya dan laju konsumsi bahan bakar (mf).). Dengan menggunakan metode trottle spontan dari 3000-10000 RPM untuk pengujian daya dan torsi, pada pengujian laju konsumsi bahan bakar (mf) menggunakan metode trottle per RPM dari 3000-8000 RPM. Hasil pengujin diperoleh torsi tertinggi bahan bakar campuran premium-etanol 35 vol % pada putaran 3916 (RPM) dengan torsi sebesar 11.82 (Nm). Daya tertinggi sebesar 7.7 (HP) pada putaran 7.776 (RPM), sedangkan pada penggunaan CDI standar, konsumsi bahan bakar lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan CDI racing.

Dosen Pembimbing: Wahyudi, S.T.,M.T. and Teddy Nurcahyadi, S.T., M.Eng., Ph.D | NIDN0523087001, NIDN0506017902
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Premium Ethanol, Capacitor Discharge Ignition (CDI), Ignition Timing, Four-Stroke Gasoline Engine
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Bima
Date Deposited: 30 May 2025 00:44
Last Modified: 30 May 2025 00:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51401

Actions (login required)

View Item View Item