ULIL AMRI (2014) KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH KOMPONEN DAN SETTING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR 4 LANGKАН 113 СС BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM-ETHANOL DENGAN KANDUNGAN ETHANOL 35%. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
Abstract
Bahan bakar alternatif dapat menjadi pilihan pengunaan bahan bakar agar mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang semakin menipis. Ethanol memiliki kesamaan dengan premium sehingga sering digunakan sebagai bahan campuran dengan premium. Pengaturan timing pengapian dengan CDI racing diperlukan agar proses pembakaran dapat sempurna, dikarenakan nilai oktan ethanol lebih tinggi dari premium. Penggunaan ethanol diharapkan dapat memberikan efek baik terhadap kinerja motor bensin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan campuran bahan bakar premium-ethanol terhadap kinerja mesin 4 langkah 113 сс dengan variasi timing pengapian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan campuran bahan bakar premium-etanol terhadap kinerja mesin 4 langkah 113 cc dengan variasi timing pengapian. Pada penelitian ini variasi campuran bahan bakar premium-etanol 35 vol % dengan variasi timing pengapian. pengujian yang dilakukan meliputi torsi,daya dan laju konsumsi bahan bakar (mf).). Dengan menggunakan metode trottle spontan dari 3000-10000 RPM untuk pengujian daya dan torsi, pada pengujian laju konsumsi bahan bakar (mf) menggunakan metode trottle per RPM dari 3000-8000 RPM. Hasil pengujin diperoleh torsi tertinggi bahan bakar campuran premium-etanol 35 vol % pada putaran 3916 (RPM) dengan torsi sebesar 11.82 (Nm). Daya tertinggi sebesar 7.7 (HP) pada putaran 7.776 (RPM), sedangkan pada penggunaan CDI standar, konsumsi bahan bakar lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan CDI racing.
| Dosen Pembimbing: | Wahyudi, S.T.,M.T. and Teddy Nurcahyadi, S.T., M.Eng., Ph.D | NIDN0523087001, NIDN0506017902 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Premium Ethanol, Capacitor Discharge Ignition (CDI), Ignition Timing, Four-Stroke Gasoline Engine |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 30 May 2025 00:44 |
| Last Modified: | 30 May 2025 00:44 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
