RAYHAN AYDIN YUNANDHITYO (2025) STRATEGI KEY OPINION LEADER (KOL) SPECIALIST GOLDEN PAW DALAM PEMASARAN DIGITAL MELALUI TIKTOK PADA TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dan bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi KOL Specialist Golden Paw dalam pemasaran digital melalui TikTok pada tahun 2024. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai Strategi Pemasaram Digital, KOL Specialist, KOL, dan Media Pemasaran (TikTok). Data diperoleh melalui wawancara mandalam dan dokumentasi dengan informan terkait. Dokumentasi diambil langsung oleh penulis pada saat melakukan wawancara dengan informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital yang dilakukan antara kolaborasi oleh KOL Specialist, KOL dan Social Media Specialist meliputi beberapa tahapan, menentukan tujuan, menentukan niche market, pemilihan KOL hingga pengelolaan KOL. Melalui pemilihan KOL yang tepat, penggunaan endorsement, dan kerjasama barter value, Golden Paw berhasil memanfaatkan potensi TikTok dalam memasarkan produk, khususnya Flu Guard. Strategi berbasis data, pengelolaan konten yang terstruktur, dan pemahaman tren audiens TikTok berkontribusi pada keberhasilan pemasaran produk Golden Paw. Dengan demikian, strategi ini terbukti efektif dalam memperluas jangkauan pasar, meningkatkan engagement, dan mengoptimalkan penjualan melalui platform TikTok.

Dosen Pembimbing: Dhimas Aryo Vipha Ananda, S.Sn., M.Sn. and Aly Aulia, Lc., M.Hum. | UNSPECIFIED, NIDN0517058201
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, KOL Specialist, KOL, TikTok
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 02 Jun 2025 01:21
Last Modified: 02 Jun 2025 01:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51414

Actions (login required)

View Item View Item