VINTA DESTRI AFRIANA (2025) PENYELESAIAN PENGADUAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN PUBLIK OLEH PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR PERTANAHAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji penyelesaian pengaduan masyarakat atas pelayanan publik oleh penyelenggara pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini, peneliti mendalami berbagai inovasi yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta untuk menyelesaikan pengaduan masyarakat atas pelayanan publik dan mengamati upaya dalam memberikan pelayanan yang lebih efisien kepada masyarakat penerima pelayanan. Metode penelitian yang digunakan oleh penelti adalah hukum empiris yang dilakukan dengan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyelesaian pengaduan masyarakat atas pelayanan publik oleh penyelenggara pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta telah berjalan dengan baik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Akan tetapi dalam hal ini pelaksanaannya tidak selalu berjalan dengan lancar, terdapat beberapa faktor yang menghambat dalam penyelesaian pengaduan masyarakat atas pelayanan publik oleh penyelenggara pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta seperti kurangnya dokumentasi atau informasi yang lengkap dari pegadu, prosedur administrasi yang kompleks, keterbatasan SDM, keterbatasan teknologi atau sistem informasi, koordinasi dengan instansi terkait, kompleksitas permasalahan pengaduan, kurangnya pemahaman masyarakat tentang prosedur pengaduan, tingkat kepercayaan masyarakat, pola pikir atau perilaku yang tidak kooperatif, dan peningkatan jumlah pengaduan.

Dosen Pembimbing: Beni Hidayat, Dr., S.H., M.Hum. | NIDN0531127301
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Yogyakarta City Land Office, Public Services, Public Complaints
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Hukum
Depositing User: Bima
Date Deposited: 02 Jun 2025 01:20
Last Modified: 02 Jun 2025 01:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51416

Actions (login required)

View Item View Item