VINTA DESTRI AFRIANA (2025) PENYELESAIAN PENGADUAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN PUBLIK OLEH PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR PERTANAHAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (433kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (195kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji penyelesaian pengaduan masyarakat atas pelayanan publik oleh penyelenggara pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini, peneliti mendalami berbagai inovasi yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta untuk menyelesaikan pengaduan masyarakat atas pelayanan publik dan mengamati upaya dalam memberikan pelayanan yang lebih efisien kepada masyarakat penerima pelayanan. Metode penelitian yang digunakan oleh penelti adalah hukum empiris yang dilakukan dengan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyelesaian pengaduan masyarakat atas pelayanan publik oleh penyelenggara pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta telah berjalan dengan baik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Akan tetapi dalam hal ini pelaksanaannya tidak selalu berjalan dengan lancar, terdapat beberapa faktor yang menghambat dalam penyelesaian pengaduan masyarakat atas pelayanan publik oleh penyelenggara pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta seperti kurangnya dokumentasi atau informasi yang lengkap dari pegadu, prosedur administrasi yang kompleks, keterbatasan SDM, keterbatasan teknologi atau sistem informasi, koordinasi dengan instansi terkait, kompleksitas permasalahan pengaduan, kurangnya pemahaman masyarakat tentang prosedur pengaduan, tingkat kepercayaan masyarakat, pola pikir atau perilaku yang tidak kooperatif, dan peningkatan jumlah pengaduan.
| Dosen Pembimbing: | Beni Hidayat, Dr., S.H., M.Hum. | NIDN0531127301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Yogyakarta City Land Office, Public Services, Public Complaints |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 02 Jun 2025 01:20 |
| Last Modified: | 02 Jun 2025 01:20 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
