MUHAMMAD AULIA REZA (2025) ANALISIS STABILITAS CAMPURAN ASPAL PORUS DENGAN MODIFIKASI CRUMB RUBBER MELALUI METODE PENCAMPURAN BASAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (630kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (81kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Infrastruktur jalan yang berkualitas penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan mobilitas masyarakat. Jalan yang baik mengurangi kemacetan, meningkatkan keselamatan, serta memperpanjang umur kendaraan. Dengan dominasi moda transportasi darat, peningkatan mutu perkerasan jalan menjadi krusial. Salah satu pendekatan yang menjanjikan adalah penambahan crumb rubber, limbah karet olahan, pada campuran aspal. Crumb rubber terbukti meningkatkan ketahanan aspal terhadap air dan mengurangi kerusakan jalan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas crumb rubber sebagai aditif pada aspal porous melalui metode wet mixing, serta menentukan komposisi optimal untuk stabilitas maksimum. Aspal porous unggul dalam drainase dan ramah lingkungan, namun lemah secara struktural. Modifikasi dengan crumb rubber diharapkan mengatasi kelemahan ini, sekaligus mendukung pengurangan limbah dan pengembangan teknologi jalan berkelanjutan. Pengujian yang dilakukan oleh penulis menggunakan metode Marshall, Asphalt Flow Down, Cantabro Loss dengan metode campuran kering dan peraturan yang digunakan adalah AAPA 1997. Kadar crumb rubber digunakan 7,5% dengan kadar aspal masing-masing 5,5%,6%,6,5%, dan 7%. Kadar CR Optimum yang memenuhi didapatkan pada kadar 6%. Nilai VMA sebesar 24,41 %. Nilai stability sebanyak 513,90 kg diatas 500 Kg. Nilai flow diperoleh sebesar 4,25 mm. Nilai MQ sebesar 121,13 kg/mm. Nilai AFD sebesar 0,27 % dan nilai CL diperoleh sebesar 1,32 %.
| Dosen Pembimbing: | Anita Rahmawati, S.T., M.Sc. | NIDN0512067701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Porous asphalt, Crumb rubber, Wet mixing, AAPA 1997 |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 02 Jun 2025 01:19 |
| Last Modified: | 02 Jun 2025 01:19 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
