MUHAMMAD AULIA REZA (2025) ANALISIS STABILITAS CAMPURAN ASPAL PORUS DENGAN MODIFIKASI CRUMB RUBBER MELALUI METODE PENCAMPURAN BASAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Infrastruktur jalan yang berkualitas penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan mobilitas masyarakat. Jalan yang baik mengurangi kemacetan, meningkatkan keselamatan, serta memperpanjang umur kendaraan. Dengan dominasi moda transportasi darat, peningkatan mutu perkerasan jalan menjadi krusial. Salah satu pendekatan yang menjanjikan adalah penambahan crumb rubber, limbah karet olahan, pada campuran aspal. Crumb rubber terbukti meningkatkan ketahanan aspal terhadap air dan mengurangi kerusakan jalan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas crumb rubber sebagai aditif pada aspal porous melalui metode wet mixing, serta menentukan komposisi optimal untuk stabilitas maksimum. Aspal porous unggul dalam drainase dan ramah lingkungan, namun lemah secara struktural. Modifikasi dengan crumb rubber diharapkan mengatasi kelemahan ini, sekaligus mendukung pengurangan limbah dan pengembangan teknologi jalan berkelanjutan. Pengujian yang dilakukan oleh penulis menggunakan metode Marshall, Asphalt Flow Down, Cantabro Loss dengan metode campuran kering dan peraturan yang digunakan adalah AAPA 1997. Kadar crumb rubber digunakan 7,5% dengan kadar aspal masing-masing 5,5%,6%,6,5%, dan 7%. Kadar CR Optimum yang memenuhi didapatkan pada kadar 6%. Nilai VMA sebesar 24,41 %. Nilai stability sebanyak 513,90 kg diatas 500 Kg. Nilai flow diperoleh sebesar 4,25 mm. Nilai MQ sebesar 121,13 kg/mm. Nilai AFD sebesar 0,27 % dan nilai CL diperoleh sebesar 1,32 %.

Dosen Pembimbing: Anita Rahmawati, S.T., M.Sc. | NIDN0512067701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Porous asphalt, Crumb rubber, Wet mixing, AAPA 1997
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 02 Jun 2025 01:19
Last Modified: 02 Jun 2025 01:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51417

Actions (login required)

View Item View Item