YUNISA FADILA (2025) PENYELESAIAN PENGADUAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN PUBLIK OLEH PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK DI RSUD DR. GONDO SUWARNO UNGARAN SEMARANG JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (535kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (201kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pemerintah pusat dan daerah harus mampu menangani pengaduan dari penyedia layanan dengan cepat dan tepat guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Di RSUD sendiri berbagai keluhan atau pengaduan dari masyarakat terkait pelayanan administrasi dan pelayanan kesehatan menjadi latar belakang penelitian ini. Untuk memastikan pelayanan yang bermutu, pemerintah mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan penyelesaian pengaduan masyarakat atas pelayanan publik oleh penyelenggara pelayanan publik di RSUD dr. Gondo Suwarno Ungaran Semarang Jawa Tengah, dan faktor- faktor apa saja yang menghambat proses penyelesaian pengaduan masyarakat atas pelayanan publik oleh penyelenggara pelayanan publik di RSUD dr. Gondo Suwarno Ungaran Semarang Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan penyelesaian pengaduan masyarakat terhadap layanan publik di RSUD dr. Gondo Suwarno Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, serta menilai kesesuaiannya dengan peraturan yang berlaku, khususnya Undang- Undang tersebut. Selain itu, penelitian ini mengevaluasi faktor-faktor yang menghambat penyelesaian pengaduan. Metode penelitian yang digunakan adalah Hukum Empiris dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun penyelesaian pengaduan masyarakat di RSUD dr. Gondo Suwarno telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009, masih terdapat beberapa kendala yang dapat menghambat proses tersebut.
| Dosen Pembimbing: | Beni Hidayat, Dr., S.H., M.Hum. | NIDN0531127301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Public Services, Public Complaints, Regional Public Hospital |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 02 Jun 2025 01:08 |
| Last Modified: | 02 Jun 2025 01:08 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
