YUNISA FADILA (2025) PENYELESAIAN PENGADUAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN PUBLIK OLEH PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK DI RSUD DR. GONDO SUWARNO UNGARAN SEMARANG JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah pusat dan daerah harus mampu menangani pengaduan dari penyedia layanan dengan cepat dan tepat guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Di RSUD sendiri berbagai keluhan atau pengaduan dari masyarakat terkait pelayanan administrasi dan pelayanan kesehatan menjadi latar belakang penelitian ini. Untuk memastikan pelayanan yang bermutu, pemerintah mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan penyelesaian pengaduan masyarakat atas pelayanan publik oleh penyelenggara pelayanan publik di RSUD dr. Gondo Suwarno Ungaran Semarang Jawa Tengah, dan faktor- faktor apa saja yang menghambat proses penyelesaian pengaduan masyarakat atas pelayanan publik oleh penyelenggara pelayanan publik di RSUD dr. Gondo Suwarno Ungaran Semarang Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan penyelesaian pengaduan masyarakat terhadap layanan publik di RSUD dr. Gondo Suwarno Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, serta menilai kesesuaiannya dengan peraturan yang berlaku, khususnya Undang- Undang tersebut. Selain itu, penelitian ini mengevaluasi faktor-faktor yang menghambat penyelesaian pengaduan. Metode penelitian yang digunakan adalah Hukum Empiris dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun penyelesaian pengaduan masyarakat di RSUD dr. Gondo Suwarno telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009, masih terdapat beberapa kendala yang dapat menghambat proses tersebut.

Dosen Pembimbing: Beni Hidayat, Dr., S.H., M.Hum. | NIDN0531127301
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Public Services, Public Complaints, Regional Public Hospital
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Hukum
Depositing User: Bima
Date Deposited: 02 Jun 2025 01:08
Last Modified: 02 Jun 2025 01:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51421

Actions (login required)

View Item View Item