ALIFTA PUTRI ANDHINI (2025) INTERPERSONAL COMMUNICATION OF SINGLE MOTHER IN SUPPORTING THE CONTINUITY OF THEIR CHILDREN'S EDUCATION DURING ADOLESCENCE IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh ibu tunggal memiliki peran krusial dalam mendukung pendidikan anak di usia remaja di Yogyakarta. Peneliti ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh ibu tunggal dalam mendukung kelangsungan pendidikan anak diusia remaja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melibatkan wawancara mendalam dengan ibu tunggal dan remaja sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang bersifat suportif, seperti memberikan dukungan emosional, mendengarkan secara aktif, dan memberikan umpan balik positif, dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keterlibatan remaja dalam proses pendidikan. Dalam komunikasi interpersonal, aspek verbal (kata-kata, nasihat) dan aspek emosi (empati, kasih sayang) sangat penting dalam membangun ikatan emosional yang kuat. Namun, keterbatasan waktu dan tekanan ekonomi sering menjadi hambatan dalam menerapkan komunikasi yang konsisten. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun ibu tunggal menghadapi berbagai kendala, komunikasi interpersonal yang baik tetap dapat menjadi faktor kunci dalam mendukung keberhasilan pendidikan anak remaja. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya program pendukung bagi ibu tunggal untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan manajemen stress, sehingga dapat lebih efektif dalam mendampingi anak melalui masa remaja yang penuh tantangan.

Dosen Pembimbing: Aly Aulia, Lc., M.Hum. | NIDN0517058201
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Interpersonal Communication, Support, Single Mothers, Education, Adolescence.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 14 Jun 2025 06:24
Last Modified: 14 Jun 2025 06:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51428

Actions (login required)

View Item View Item