ADINDA PUTRI AMARA (2019) MANAJEMEN KELAS DI INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL MALAYSIA DAN INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Manajemen Kelas di International Islamic School Malaysia dan Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta. Dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi manajemen kelas dan menganalisis apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kelas di International Islamic School Malaysia dan Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi/Uji kredibilitas data. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan implementasi manajemen kelas dikedua sekolah tersebut dalam penerapannya lebih maksimal di International Islamic School Malaysia dibandingkan di Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta. Dalam Implementasi pasti memiliki faktor yang pendukung dan penghambat. International Islamic School Malaysia memiliki faktor pendukung: a) Memiliki extra kelas di luar sekolah, b) Guru yang berasal dari berbagai negara, c) Peserta didik banyak yang dari berbagai negara, d) Toleransi guru dengan peserta didik yang berasal dari berbagai negara, e) Beberapa guru memiliki pendidikan hingga jenjang S2, f) Fasilitas-fasilitas yang cukup lengkap dari sekolah-sekolah kebangsaan. Kemudian faktor penghambat: a) Disiplin dan adab peserta didik yang kurang, b) Peserta didik yang berasal dari berbagai negara sehingga bahasa inggris sedikit berbeda. Internasional Budi Mulia Dua memiliki faktor pendukung: a) Fasilitas-fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan sekolah reguler, b) Peserta didik yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi, c) Sekolah memfasilitasi penyaluran bakat dan minat peserta didik, d) Memiliki extra kelas di luar sekolah. Kemudian faktor penghambat: a) Penggunaan gadget di sekolah, b) Sekolah Internasional, namun belum full menerapkan bahas inggris di kelas, cс) Lingkungan yang belum mendukung dalam penerapan bahasa inggris, d) Kurikulum cambrige yang baru diterapkan tahun ini, e) Target yang harus dicapai dengan materi pembelajaran yang sangat banyak sehingga tidak maksimal dalam penerapan metode.

Dosen Pembimbing: Sadam Fajar Shodiq, Dr., M.Pd.I. | NIDN520039101
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementation, Supporting Factors, Inhibiting Factors
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 10 Jun 2025 04:16
Last Modified: 10 Jun 2025 04:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51453

Actions (login required)

View Item View Item