ADINDA PUTRI AMARA (2019) MANAJEMEN KELAS DI INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL MALAYSIA DAN INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (61MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Implementasi Manajemen Kelas di International Islamic School Malaysia dan Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta. Dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi manajemen kelas dan menganalisis apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kelas di International Islamic School Malaysia dan Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi/Uji kredibilitas data. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan implementasi manajemen kelas dikedua sekolah tersebut dalam penerapannya lebih maksimal di International Islamic School Malaysia dibandingkan di Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta. Dalam Implementasi pasti memiliki faktor yang pendukung dan penghambat. International Islamic School Malaysia memiliki faktor pendukung: a) Memiliki extra kelas di luar sekolah, b) Guru yang berasal dari berbagai negara, c) Peserta didik banyak yang dari berbagai negara, d) Toleransi guru dengan peserta didik yang berasal dari berbagai negara, e) Beberapa guru memiliki pendidikan hingga jenjang S2, f) Fasilitas-fasilitas yang cukup lengkap dari sekolah-sekolah kebangsaan. Kemudian faktor penghambat: a) Disiplin dan adab peserta didik yang kurang, b) Peserta didik yang berasal dari berbagai negara sehingga bahasa inggris sedikit berbeda. Internasional Budi Mulia Dua memiliki faktor pendukung: a) Fasilitas-fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan sekolah reguler, b) Peserta didik yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi, c) Sekolah memfasilitasi penyaluran bakat dan minat peserta didik, d) Memiliki extra kelas di luar sekolah. Kemudian faktor penghambat: a) Penggunaan gadget di sekolah, b) Sekolah Internasional, namun belum full menerapkan bahas inggris di kelas, cс) Lingkungan yang belum mendukung dalam penerapan bahasa inggris, d) Kurikulum cambrige yang baru diterapkan tahun ini, e) Target yang harus dicapai dengan materi pembelajaran yang sangat banyak sehingga tidak maksimal dalam penerapan metode.
| Dosen Pembimbing: | Sadam Fajar Shodiq, Dr., M.Pd.I. | NIDN520039101 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Implementation, Supporting Factors, Inhibiting Factors |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 10 Jun 2025 04:16 |
| Last Modified: | 10 Jun 2025 04:16 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
