NURUL HIDAYAH (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM FILM ANIMASI “DORAEMON" (ANIME 2005). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (26MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (51MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter bangsa yang terdapat dalam film animasi “Doraemon" (Anime 2005), 2) Untuk menganalisis relevansi nilai-nilai pendidikan karakter pada film animasi "Doraemon" (Anime 2005) dengan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research). Penelitian ini dilakkan pada film animasi Doraemon (Anime 2005). Subyek penelitian ini adalah tiga episode film animasi Doraemon dalam anime 2005. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Tahap analisis yang digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai-nilai pendidikan karakter bangsa yang terdapat dalam film animasi "Doraemon” (Anime 2005), yakni religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. 2) Analisis relevansi nilai-nilai pendidikan karakter pada film animasi "Doraemon" (Anime 2005) dengan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa di Indonesia dinyatakan sudah relevan, hanya saja terdapat beberapa karakter negatif yang terdapat dalam film animasi Doraemon (Anime 2005) sehingga perlu adanya pendampingan dari orang tua.
| Dosen Pembimbing: | Marsudi Iman, Drs., M.Ag. | NIDN0507016701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Value, Character Education, Nation's Character |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:34 |
| Last Modified: | 12 Jun 2025 02:34 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
