YUSRON MASDUKI (2017) PENDIDIKAN KELUARGA MUSLIM MINORITAS DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS DI DESA BANJARASRI KALIBAWANG KULON PROGO). S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan relasi keluarga Muslim – Non Muslim, pola pendidikan keluarga Muslim, serta menemukan bagaimana motivasi beragama keluarga Muslim minoritas di Banjarasri Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian 17 jiwa. Obyek Penelitian: Pendidikan keluarga Muslim minoritas di Banjarasri. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik Triangulasi. Hasil penelitian: (1) Relasi Muslim – Non Muslim: pertama, relasi sebagai ikatan tradisional, berupa kebiasaan secara turun temurun, menjadi tanggung jawab bersama; kedua, integrasi tindakan sosial mendukung orientasi seni budaya, tindakan ini ditentukan oleh kondisi, argumentasi keagamaan, integrasi sebagai bentuk ekonomi desis, orientasi keagamaan: Muslim – Non Muslim dalam budaya, bukan relasi keyakinan; ketiga, proses Islamisasi, sebelum 1920-an Banjarasri mayoritas Muslim. 1920-1980 terjadi konversi secara masif ke non Muslim, Muslim tinggal 32 persen. 1994-2016, terjadi penyadaran diri, muda ke Islam setelah berpendidikan tinggi, ekonomi meningkat. (2) Pola pendidikan keluarga Muslim dilaksanakan dalam kegiatan majlis taklim, TPA, pengajian ibu-ibu, Muhammadiyah /‘Aisyiyah melalui kegiatan Qariyah Tayyibah; (3) Motivasi beragama secara intrinsik dan ekstrinsik. Kuatnya integrasi motivasi beragama sebagai hasil penyadaran diri keluarga Muslim, kembali kepada Islam yang dipeluk orang tua sebelumnya. Setelah melewati konversi ke Islam, tema yang menyenangkan, sehingga keluarga Muslim Banjarasri menemukan ketenangan batin, authentic happiness, atau kebahagiaan autentik.

Dosen Pembimbing: Abd. Madjid, Prof. Dr., M.Ag. and Aris Fauzan, Dr., S.Ag., M.A. | NIDN0504036101, NIDN0506127202
Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Education, Family, Moslems, Minority
Divisions: Program Doktor > S3 Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:11
Last Modified: 19 Jun 2025 02:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51463

Actions (login required)

View Item View Item