YUSRON MASDUKI (2017) PENDIDIKAN KELUARGA MUSLIM MINORITAS DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS DI DESA BANJARASRI KALIBAWANG KULON PROGO). S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (5MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (12MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (35MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (33MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (121MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan relasi keluarga Muslim – Non Muslim, pola pendidikan keluarga Muslim, serta menemukan bagaimana motivasi beragama keluarga Muslim minoritas di Banjarasri Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian 17 jiwa. Obyek Penelitian: Pendidikan keluarga Muslim minoritas di Banjarasri. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik Triangulasi. Hasil penelitian: (1) Relasi Muslim – Non Muslim: pertama, relasi sebagai ikatan tradisional, berupa kebiasaan secara turun temurun, menjadi tanggung jawab bersama; kedua, integrasi tindakan sosial mendukung orientasi seni budaya, tindakan ini ditentukan oleh kondisi, argumentasi keagamaan, integrasi sebagai bentuk ekonomi desis, orientasi keagamaan: Muslim – Non Muslim dalam budaya, bukan relasi keyakinan; ketiga, proses Islamisasi, sebelum 1920-an Banjarasri mayoritas Muslim. 1920-1980 terjadi konversi secara masif ke non Muslim, Muslim tinggal 32 persen. 1994-2016, terjadi penyadaran diri, muda ke Islam setelah berpendidikan tinggi, ekonomi meningkat. (2) Pola pendidikan keluarga Muslim dilaksanakan dalam kegiatan majlis taklim, TPA, pengajian ibu-ibu, Muhammadiyah /‘Aisyiyah melalui kegiatan Qariyah Tayyibah; (3) Motivasi beragama secara intrinsik dan ekstrinsik. Kuatnya integrasi motivasi beragama sebagai hasil penyadaran diri keluarga Muslim, kembali kepada Islam yang dipeluk orang tua sebelumnya. Setelah melewati konversi ke Islam, tema yang menyenangkan, sehingga keluarga Muslim Banjarasri menemukan ketenangan batin, authentic happiness, atau kebahagiaan autentik.
| Dosen Pembimbing: | Abd. Madjid, Prof. Dr., M.Ag. and Aris Fauzan, Dr., S.Ag., M.A. | NIDN0504036101, NIDN0506127202 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S3) |
| Uncontrolled Keywords: | Education, Family, Moslems, Minority |
| Divisions: | Program Doktor > S3 Psikologi Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 02:11 |
| Last Modified: | 19 Jun 2025 02:11 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
