ERVIRA DEVIJAYANTI (2025) EVALUASI STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DAN EVALUASI KEPUASAN PASIEN DI APOTEK BUDI SEHAT YOGYAKARTABERDASARKAN PERMENKES NOMOR 73 TAHUN 2016. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (145kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Apotek Budi Sehat yang terletak di kota Bantul, Yogyakarta berdiri sejak tahun 2006. Apotek tersebut menerima pelayanan BPJS dan non – BPJS. Evaluasi Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek tersebut belum pernah dilakukan, sedangkan evaluasi kepuasan pasien pernah dilakukan terhadap pasien BPJS pada tahun 2020 dengan hasil kepuasan kategori sangat puas. Evaluasi standar pelayanan kefarmasian perlu dilakukan secara berkala. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan kefarmasian di Apotek Budi Sehat berdasarkan Permenkes No 73 Tahun 2016 dan mengetahui kepuasan pasien untuk meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian di Apotek Budi Sehat. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif observasional dengan pendekatan kualitatif. Evaluasi pelayanan kefarmasian dilakukan dengan mengamati langsung pada objek penelitian dan kuesioner pada Apoteker dan TTK. Evaluasi kepuasan pasien dilakukan pada 100 responden pasien BPJS, dan 100 responden pasien non – BPJS. Pemilihan sampel menggunakan non - probability sampling. Pengumpulan data evaluasi kepuasan menggunakan lembar kuesioner dengan metode SERVQUAL yang memuat lima variabel yaitu bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), kemampuan respon (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty). Data evaluasi pelayanan dianalisis berdasarkan Permenkes Nomor 73 Tahun 2016, data evaluasi kepuasan dianalisis dengan uji validitas, dan uji reliabilitas menggunakan cornbach’s alpha. Data evaluasi kepuasan, dianalisis dengan penentuan skor menggunakan skala likert. Sebagian besar standar pelayanan kefarmasian di Apotek Budi Sehat Yogyakarta telah dilaksanakan sesuai dengan Permenkes Nomor 73 Tahun 2016. Namun, terdapat beberapa kegiatan yang belum sepenuhnya dilakukan, seperti pengelolaan sediaan farmasi dan bahan medis habis pakai (86%), pemusnahan resep, serta home pharmacy care dan monitoring efek samping obat. Kegiatan lainnya, seperti pengkajian resep, dispensing, konseling, pemantauan terapi obat, dan pelayanan informasi obat, telah dilaksanakan dengan baik. Hasil evaluasi kepuasan pasien di Apotek Budi Sehat menyatakan sangat puas dengan nilai korelasi pasien BPJS yang diperoleh 0,97 dan pasien non – BPJS 0,90 dengan kategori sangat puas.
| Dosen Pembimbing: | Sri Tasminatun, apt., S.Si., M.Si. | NIDN0506117102 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Pharmacy, Satisfaction Evaluation, Service Standards |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Farmasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:47 |
| Last Modified: | 19 Jun 2025 03:47 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
